Advertisement

Diduga karena Puntung Rokok, Kampus UST Jogja Kebakaran

Triyo Handoko
Senin, 13 Maret 2023 - 14:37 WIB
Budi Cahyana
Diduga karena Puntung Rokok, Kampus UST Jogja Kebakaran Pemadaman kebakaran yang terjadi di kampus Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa oleh Damkarmat Jogja pada Senin (13/3/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kebakaran terjadi di kampus Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) di Jl. Batikan, Kemantren Umbulharjo, Jogja, Senin (13/3/2023).

Api mulai berkobar pada pukul 12.10 WIB. Kebakaran diduga karena puntung rokok yang dibuang sembarangan. Petugas Dinas Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Jogja langsung menuju lokasi setelah mendapat laporan kebakaran tersebut.

Advertisement

Kepala Seksi Operasional Pemadaman Kebakaran Damkarmat Jogja, Mahargyo, menyebut jawatannya menerjunkan dua mobil pemadam kebakaran ke UST. “Sebuah gedung kelas yang terbakar siang ini di UST,” katanya, Senin siang.

Mahargyo menjelaskan tak ada tantangan dalam memadamkan kebakaran tersebut. “Hanya butuh waktu normal 20 menit untuk memadamkan api,” jelasnya.

BACA JUGA: Apakah Panas Terik di Jogja Terkait dengan Erupsi Merapi? Ini Penjelasan BMKG

Nilai kerugian karena kebakaran tersebut belum ditaksir. “Cuaca Jogja yang panas menyengat memudahkan api terus berkobar, untungnya kami siap siaga jadi api bisa langsung dipadamkan,” ujarnya.

Mahargyo meminta masyarakat Jogja untuk lebih berhati-hati apalagi akan memasuki musim kemarau yang memudahkan terjadi kebakaran.

“Kehati-hatian harus ditingkatkan, ini juga akan masuk bulan Ramadan jadi kami minta masyarakat lebih berhati-hati. Buang puntung rokok pastikan mati dulu abunya, kompor juga, dan terutama jaringan listrik,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Digugat Praperadilan di PN Jaksel Oleh Sekjen DPR Indra Iskandar, Ini Kasusnya

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement