Advertisement

Tol Jogja Solo di Ring Road Akan Dibuat Melayang, Tanah dari Monjali ke Barat Diteliti

Lugas Subarkah
Senin, 13 Maret 2023 - 16:27 WIB
Budi Cahyana
Tol Jogja Solo di Ring Road Akan Dibuat Melayang, Tanah dari Monjali ke Barat Diteliti Titik pengambilan sampel tanah di depan area parkir Museum Jogja Kembali, Senin (13/3/2023) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Tol Jogja Solo di Ring Road Utara akan dibuat melayang. Tanah dari Monumen Jogja Kembali atau Monjali ke barat akan diteliti sebagai bagian dari proses konstruksi.

Pengelola Tol Jogja Solo, PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), saat ini tengah mengambil sampel tanah di wilayah Mlati, Sleman. Pejabat Humas PT JMM, Rahmat, menjelaskan sampel tanah yang diambil berada di sepanjang 500 meter, mulai dari depan area parkir Monumen Jogja Kembali atau Monjali ke arah barat hingga timur Westlake. "Yang diambil tanah di trotoar, tengah jalan," ujarnya, Senin (13/3/2023).

Advertisement

Sampel tanah yang diambil akan dikirimkan ke laboratorium untuk diteliti kelenturan dan kepadatannya. "Karena di atasnya akan dibuat Tol Jogja Solo secara elevated [melayang], akan dibuat tiang panjang," katanya.

Sampel tanah diambil menggunakan alat bor tanah. Untuk sementara, sampel di wilayah DIY yang diambil hanya di Monjali sampai Westlake. Lokasi ini merupakan bagian dari Seksi 2 Tol Jogja Solo dan statusnya belum dibebaskan.

BACA JUGA: Terbaru, Ini Tahapan Lengkap Proyek Tol Jogja Solo dan Jogja Bawen dan Progresnya

Sementara, Tol Jogja Solo Seksi 2 akan dibuat melayang di sepanjang Ring Road dari Maguwoharjo sampai timur Westlake. Sementara, Tol Jogja Solo Seksi 3 atau dikenal dengan Tol Jogja Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) juga sebagian akan dibangun melayang melewati Ring Road.

BACA JUGA: Sempat Menolak, Warga Nglarang Akhirnya Sepakati Ganti Rugi Tol Jogja Solo, 1 Meter Dihargai Rp4 Juta

Pengambilan sampel tanah dari Monjali ke barat berlangsung selama satu bulan, mulai 10 Maret hingga 8 April 2023. "Pengerjaan dilakukan malam hari supaya tidak macet. Kalau siang mengganggu lalu lintas," katanya.

Hingga saat ini, progres pembebasan lahan Tol Jogja Solo wilayah DIY yang terbagi ke dalam tiga seksi sudah sebesar 15%. "Meliputi Purwomartani, Bokoharjo, Selomartani, Tirtomartani," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement