Advertisement

Sempat Menolak, Warga Nglarang Akhirnya Sepakati Ganti Rugi Tol Jogja Solo, 1 Meter Dihargai Rp4 Juta

Lugas Subarkah
Minggu, 12 Maret 2023 - 19:37 WIB
Budi Cahyana
Sempat Menolak, Warga Nglarang Akhirnya Sepakati Ganti Rugi Tol Jogja Solo, 1 Meter Dihargai Rp4 Juta Pembangunan Tol Jogja Solo di Kartasura, Jawa Tengah, Selasa (20/9/2022). - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Warga Ngalarang, Kalurahan Tlogoadi, Kecamatan Mlati, Sleman, akhirnya menyepakati ganti rugi Tol Jogja Solo. Sejumlah lahan dihargai Rp4 juta per meter persegi.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pembebasan lahan Tol Jogja Solo, Dian Ardiyansyah, mengatakan pembebasan lahan di wilayah Nglarang, Tlogoadi, Mlati, yang sempat alot karena warga tidak sepakat dengan nilai uang ganti rugi yang ditetapkan tim penaksir atau appraisal sudah bisa diselesaikan. “Warga sudah sepakat,” katanya, Minggu (12/3/2023).

Advertisement

Warga Nglarang, Sigit Maryadi, menjelaskan kesepakatan antara tim persiapan pembebasan lahan Tol Jogja Solo dan warga tercapai pada Februari lalu, beberapa pekan setelah musyawarah pertama. 

BACA JUGA: Pengumuman! Hati-Hati Ada Penyelidikan Tanah di Ring Road Utara untuk Jalan Tol Jogja Solo

Warga menyepakati nilai ganti rugi setelah tim appraisal menyurvei ulang lahan warga dan menaikkan nilai ganti rugi dari yang telah ditentukan sebelumnya. Kenaikan ganti rugi tersebut bervariasi, mulai dari Rp335.000 hingga Rp735.000 per meter.

Di lahannya sendiri, kenaikan nilai ganti rugi mencapai lebih dari Rp700.000, dari yang sebelumnya Rp3,3 juta menjadi Rp4 juta per meter persegi. “Petugas melakukan survei ulang, menghitung spesifikasi tanah, sehingga didapatkan nilai itu,” kata dia.

Dari 94 bidang lahan terdampak di Nglarang yang sebelumnya minta kenaikan nilai ganti rugi untuk Tol Jogja Solo, ia memperkirakan ada sekitar 90% yang nilainya dinaikkan. Meski demikian ia belum mengetahui jadwal pembayaran ganti rugi tersebut. “Belum ada info,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Gedung DPR di IKN Dimulai Tahun Depan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement