Advertisement

Pengumuman! Hati-Hati Ada Penyelidikan Tanah di Ring Road Utara untuk Jalan Tol Jogja Solo

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 10 Maret 2023 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
Pengumuman! Hati-Hati Ada Penyelidikan Tanah di Ring Road Utara untuk Jalan Tol Jogja Solo Ilustrasi jalan tol. - JIBI/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA Tanah yang akan digunakan untuk pembangunan Tol Jogja Solo di Seksi 3 (Ring Road Utara) mulai masuk ke tahap penyelidikan tanah. Kegiatan tersebut dilakukan selama satu bulan pada 10 Maret hingga 8 April mendatang. 

Pejabat Humas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Rachmat Jasiman mengatakan lokasi penyelidikan tanah akan dilakukan dari Barat Parkir Museum Jogja Kembali (Monjali) hingga sebelum Restoran Westlake. Tanah yang terkena proyek jalan tol tersebut akan diuji kedalaman dan pengambilan sampel.

Advertisement

Sampel tanah yang diambil akan dibawa ke laboratorium untuk dilakukan pengujian dan penyelidikan tanah dasar di lokasi proyek jalan tol tersebut. "Kegiatan ini terkait penyelidikan tanah ditunjukan untuk investigasi pengambilan sampel tanah di lokasi proyek," kata Rachmat kepada Harianjogja.com, Jumat (10/3/2023).

Dia mengatakan, proses pengambilan sampel tanah dilakukan untuk kepentingan proyek pembangunan jalan tol di ruas jalan tersebut. Penyelidikan tanah dilakukan untuk mengetahui daya dukung dan karateristik tanah. Termasuk kondisi susunan tanah dan kekuatan lapisan tanah untuk keperluan pondasi jalan tol.

Meski proses pengambilan sampel tanah dilakukan di sekitar jalan Ring Road Utara, Rachmat memastikan tidak akan ada penutupan ruas jalan utama itu. "Kegiatan tersebut insya Allah tidak akan mengganggu lalin. Jadi tetap ikuti arahan petugas di lapangan," katanya.

Kasat Lantas Polresta Sleman AKP Gunawan Setiyabudi mengatakan proses pengambilan tanah dilakukan pada malam hari sehingga tidak ada pengalihan arus. Dia menambahkan kepolisian akan melakukan pengaturan secara manual lalu lintas di sekitar lokasi pengambilan sampel tanah.

BACA JUGA: Berapa Besar Uang Sewa Sultan Ground untuk Tol Jogja? Begini Penjelasan Pemda DIY

"Lokasi pengambilan tanah selain di jalur lambat juga dilakukan di jalur cepat. Kalau ada kepadatan arus kendaraan, akan kami lakukan pengaturan secara manual tidak perlu pengalihan arus," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Izin Tinggal Peralihan Jembatani Proses Transisi Izin Tinggal WNA di RI

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement