Advertisement

Sempat Buron, Penjual Miras Oplosan yang Bikin 3 Orang Meninggal Dunia Akhirnya Ditangkap

Yosef Leon
Rabu, 15 Maret 2023 - 14:57 WIB
Arief Junianto
Sempat Buron, Penjual Miras Oplosan yang Bikin 3 Orang Meninggal Dunia Akhirnya Ditangkap Polres Bantul membekuk Babon tersangka penjual miras oplosan yang menyebabkan korban meninggal dunia, Rabu (15/3/2023). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Jajaran Polres Bantul membekuk AM alias Babon, 27, warga Kapanewon Jetis, lantaran menjual minuman keras (miras) oplosan hingga menyebabkan tiga orang rekannya sendiri meninggal dunia pada Oktober 2022 silam.

Tersangka sempat berstatus daftar pencarian orang (DPO) dan kemudian ditangkap di Tangerang, Banten pada 12 Maret lalu. "Waktu insiden korban meninggal dunia itu sebenarnya keterangan saksi sudah mengarah kepada Babon sebagai tersangka, tetapi karena kekurangan barang bukti statusnya masih saksi dan dia kabur," kata Kepala Seksi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jefri, Rabu (15/3/2023). 

Advertisement

Jefri menyebut, Babon telah menjual miras oplosan sejak Juli-tahun lalu. Dia mengoplos minuman itu di kediamannya sendiri dengan menggunakan bahan baku yang diperoleh dari pasar daring. Di antaranya berupa alkohol murni 70%, minuman kemasan merek torpedo dan air mineral. Semua dicampur sesuai dengan takaran tertentu dan dijual secara daring. 

"Dia belajar meracik miras dari video Youtube dan Facebook. Kalau kepada teman, dia jual Rp15.000 per satu botol plastik, sementara dengan orang lain Rp20.000," ucapnya. 

BACA JUGA: Pesta Miras Oplosan, Dua Warga Bantul Tewas

Kanitreskrim Polsek Jetis, Zuwana menyebut ada empat orang yang menjadi korban akibat mengkonsumsi miras oplosan tersebut yakni MI, 23; DK, 24; dan IR, 49 yang sekarang telah meninggal dunia. Sementara satu orang lainnya yakni K, 42, sempat dirawat selama lima hari di rumah sakit. 

"Semuanya teman dekat dari tersangka. Kegiatan mengonsumsi miras itu lantaran di tempat korban ada hajatan lantas mereka pesta miras," katanya.

Polisi mendapati barang bukti yang dibuang tersangka juga diajukan ke penampungan barang bekas. Sisa miras oplosan yang ada di dalam jeriken tempat tersangka mengoplos sempat dites laboratorium dan diperoleh kandungan metanol. 

Babon yang dihadirkan saat gelar perkara mengaku menyesal atas insiden tersebut. Dia juga tak tahu pasti apa penyebab sejumlah rekannya itu meninggal dunia akibat mengonsumsi miras oplosannya. Padahal, kata dia, takaran dan jenis yang dilakukan sama dengan minuman lain yang sudah dijualnya sejak Juli 2022 lalu tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Barbados Mengumumkan Mengakui Palestina Sebagai Sebuah Negara

News
| Sabtu, 20 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement