Advertisement

Pesan Haedar Nashir untuk RS PKU Berusia 100 Tahun

Sunartono
Kamis, 16 Maret 2023 - 07:17 WIB
Sunartono
Pesan Haedar Nashir untuk RS PKU Berusia 100 Tahun Ketua Umum PP Muhammadiyah, Profesor Haidar Nashir menandatangani buku sejarah perjalanan RS Muhammadiyah Yogyakarta. Harian Harian Jogja - Gigih M Hanafi.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Ketua PP Muhammadiyah Profesor Haedar Nashir mengatakan satu abad yang lalu Muhammadiyah mendirikan klinik sederhana dengan nama PKO (Penolong Kesengsaraan Oemoem).

Menurut sejarah, ide PKO itu diutarakan oleh KH Sudja' yang pada saat itu sempat diragukan oleh para sahabat-sahabatnya. Namun berkat keyakinan serta tekad besar dari KH Sudja', akhirnya rasa pesimistis para rekan-rekannya hilang setelah mendapat dukungan pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan.

Advertisement

"100 tahun bagi RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, sebuah momentum penting dan bersejarah. Kemudian lahir seluruh rumah sakit Muhammadiyah diseluruh tanah air,'' katanya dalam rilisnya.

BACA JUGA : Satu Abad NU, Haedar Nashir Ajak Jaga Persatuan

Hal ini menjadi sebuah tonggak sejarah yang sangat bermakna yang punya nilai strategis Muhammadiyah dengan tema lintasi zaman sehatkan bangsa. RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta menjadi gerakan pertama rumah sakit pribumi pada masanya.

Oleh sebab itu, tema Lintasi Zaman Sehatkan Bangsa pada puncak Milad RS KPU Muhammadiyah dan RS PKU Gamping menurutnya sangat relevan, karena terjadi dinamika yang panjang dalam perjalanan 100 tahun ini.

"Harapan kami dalam usia 100 tahun RS PKU Yogyakarta dan 14 tahun untuk RS PKU Gamping ke depan, rumah sakit ini dikelola dan dimajukan lebih baik lagi sehingga menjadi rumah sakit yang unggul dan berkemajuan," katanya.

Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Komarudin berkomitmen bahwa PKU Muhammadiyah terus meningkatkan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

BACA JUGA : Haedar Nashir: Muhammadiyah Kembangkan Perguruan

"Satu abad tidak selalu harus dipahami semakin tua, tetapi lahir kembali dalam RS PKU Reborn. Kami bertekad RS PKU Muhammadiyah, akan tetap terus melakukan pelayanan kepada masyarakat,” katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Wamen Baru Dilantik Jokowi Hari Ini, Ada Ponakan Prabowo dan Sudaryono

News
| Kamis, 18 Juli 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Shoulder Season, Periode Berwisata Antiribet

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement