Advertisement

GBPH Prabukusumo Minta Masalah Utang Rp3 Miliar PMI Jogja Dibawa ke Jalur Hukum

Triyo Handoko
Selasa, 21 Maret 2023 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
GBPH Prabukusumo Minta Masalah Utang Rp3 Miliar PMI Jogja Dibawa ke Jalur Hukum GBPH Prabukusumo saat memberikan keterangan pers kepada awak media di Hotel The Rich Jogja, Sabtu (12/1/2019). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ketua PMI DIY Gusti Bendara Pangeran Haryo (GBPH) Prabukusumo mengaku kecewa dengan tata kelola PMI Jogja setelah ia mengetahui tagihan utang dan pembukuan keuangan yang tak transparan di lembaga tersebut, Selasa (21/3/2023). GBPH Prabukusumo meminta masalah tersebut diselesaikan di pengadilan.

GBPH Prabukusumo yang akrab disapa Gusti Prabu menyebut dirinya angkat tangan dan tak bisa membantu lagi keadaan PMI Jogja. “Sebelumnya berkas laporan kepengurusan 2016-2021 juga tidak diserahkan saat Musyawarah Kota PMI Jogja, ternyata kondisinya sampai punya hutang miliaran seperti itu, saya sudah tak sanggup bantu lagi, ruwet sekali,” katanya, Selasa siang.

Advertisement

Kondisi PMI Jogja, jelas Gusti Prabu, perlu pembenahan menyeluruh. “Kalau saya karena soal keuangan ini perlu pertangungjawaban, sedangkan bukti-bukti pembukuan tidak ada maka perlu dibawa ke jalur hukum. Ini sudah masalah pidana dimana masalahnya menghilangkan barang bukti,” jelasnya.

Gusti Prabu menegaskan jika kepengurusan PMI Jogja 2016-2021 tidak memiliki itikad baik untuk bertanggung jawab maka ia harap masalahnya dibawa ke meja hijau. “Begitu masuk ke pengadilan, enggak usah nunggu selesai, langsung muskot (musyawarah kota) sehingga PMI Kota bisa segera punya pengurus yang definitif,

Kepengurusan PMI Jogja 2016-2021, jelas Gusti Prabu, sangat tidak jelas, baik dari sisi penentuan kebijakan sampai cara pengeluaran anggaran. “Jadi, waduh sudah ruwet, ruwet sekali. Pokoknya kebijakan-kebijakan, kemudian cara mengeluarkan anggaran, dan lain sebagainya itu ruwet sekali, aneh sekali,” ucapnya.

BACA JUGA: Pelaku Mutilasi Sleman Ditangkap Saat Sembunyi di Rumah Saudaranya di Temanggung

Gusti Prabu menjelaskan dirinya juga sudah mendengar keluh kesah Ketua PMI Jogja Heroe Poerwadi. “Pak Heroe itu kasihan sekali sebagai ketua terpilih 2021-2026 dia sampai diperlakukan tidak baik oleh pengurus PMI. Masak Pak Heroe ke kantor PMI ditanya ngapain ini orang-orangnya aneh sekali,” ujarnya.

Heroe sendiri sudah mengundurkan diri sebagai Ketua PMI Jogja. “Beliau konsultasi ke saya dan memang sudah saya restui, dia juga sudah tidak sanggup lagi,” jelas Gusti Prabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Suplemen Diet Jepang Akibatkan 100 Orang Dirawat dan Lima Orang Meninggal

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement