Advertisement

Sleman Targetkan Satu Juta Wisatawan pada Libur Lebaran

Catur Dwi Janati
Kamis, 23 Maret 2023 - 06:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sleman Targetkan Satu Juta Wisatawan pada Libur Lebaran Antrean kendaraan di perempatan Imogiri, Bantul, Jumat (7/6/2019).- Harian Jogja - Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pariwisata Sleman mematok kunjungan satu juta wisatawan dalam libur Lebaran tahun ini. Di sisi lain pelaku wisata diimbau untuk tidak menerapkan tarif nuthuk pada usahanya di libur Lebaran nanti.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Ishadi Zayid menargetkan satu juta kunjungan wisatawan di Sleman pada libur lebaran nanti. Target ini naik sekitar 25 persen dari jumlah kunjungan wisatawan yang dipatok pada libur Lebaran tahun lalu. 

"Pada libur Lebaran ini target kunjungan wisatawan dimulai 21-30 April kita targetkan kunjungan wisata kabupaten Sleman sekitar satu juta. Dibandingkan dengan tahun kemarin tanggal 28 April sampai 8 Mei kita targetkan 750.000 kunjungan, kemudian kunjungan itu kita [tercapai] sekitar 1.058.889," terangnya pada Selasa (22/3/2023).

Advertisement

Berbekal data itu lah, Dispar Sleman mematok angka satu juta wisatawan pada libur Lebaran tahun ini. "Kami berharap bahwa kondisi Merapi tetap bersahabat sehingga nanti orang tidak takut berkunjung ke Merapi maupun ke Kabupaten Sleman," ungkapnya. 

Untuk menciptakan situasi yang nyaman bagi wisatawan, jauh-jauh hari Zayid mengingatkan para pelaku wisata untuk tidak menerapkan tarif nuthuk. Baik di sektor parkir, hingga tarif kuliner diharapkan berlaku tarif normal. 

Baca juga: BI Siapkan 70 Titik Penukaran Uang Baru, Ini Lokasinya

"Kami berharap tidak ada nanti parkir nuthuk terus kemudian memasang tarif nuthuk terkait dengan kuliner dan yang lain, sehingga saya berharap nanti pelaku lelaki wisata itu untuk memasang tarif normal seperti yang di hari-hari di luar libur Lebaran," tegasnya. 

Zayid mengimbau kepada semua pelaku wisata agar tidak memanfaatkan libur Lebaran ini untuk mengambil keuntungan secara sepihak yang kemudian itu tidak baik untuk pariwisata maupun ekonomi Sleman.

Di sisi lain, menyusul aktivitas Gunung Merapi, Zayid mengingatkan pelaku wisata untuk meningkatkan kewaspadaannya. Pelaku wisata maupun wisatawan juga diminta patuh mengikuti instruksi dari para petugas terkait aktivitas Merapi. 

"Kami berharap rekan-rekan pelaku wisata maupun wisatawan untuk selalu mematuhi update situasi terkini dari petugas yang berkompeten dan juga untuk mematuhi imbauan-imbauan. Jadi kalau misalnya imbauan petugas harus turun ya saya berharap untuk itu dipatuhi," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipanggil MKD, Ketua MPR Bambang Soesatyo Mangkir

News
| Kamis, 20 Juni 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement