Advertisement

Temon Makin Ramai, BPBD Bakal Bangun Pos Damkar

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 26 Maret 2023 - 17:27 WIB
Arief Junianto
Temon Makin Ramai, BPBD Bakal Bangun Pos Damkar Ilustrasi pemadaman kebakaran di Gunung Pentul, Karangsari, Kapanewon Pengasih, Kulonprogo. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo bakal membangun satu pos damkar di Kapanewon Temon. Pembangunan tersebut menyusul pertumbuhan kawasan sekitar YIA yang makin pesat.

Kepala Pelaksana BPBD Kulonprogo, Joko Satya Agus Nahrowi mengatakan bahwa jangkauan suatu tempat ketika terjadi kebakaran sesuai respon time adalah 15 menit. “Di Kulonprogo sudah ada dua pos damkar. Paling tidak itu ada satu lagi di daerah Temon. Soalnya perkembangan permukiman atau penduduk di sana kan tidak bisa kami rem. Pasti akan semakin padat. Dengan demikian perlu pos damkar di sana,” kata Joko dihubungi pada Minggu (26/3/2023).

Advertisement

BACA JUGA: Petugas Terbatas, Bantul Bentuk Sukarelawan Pemadam Kebakaran

Joko menambahkan bahwa apabila mengikuti arahan Kemendagri, maka setiap kecamatan setidaknya ada satu pos damkar. Karena keterbatasan anggaran, maka pembangunan pos damkar di Kulonprogo baru direncanakan di satu tempat.

“Sementara ini memang baru ada dua. Anggaran kami juga terbatas. Idealnya itu ada empat pos damkar. Satu lagi setidaknya di Temon guna memenuhi respons time kami 15 menit. Soalnya tidak mungkin dari pos Wates ke Jangkaran itu 15 menit, atau dari Wates ke Samigaluh atau Kalibawang kan tidak mungkin 15 menit,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Digugat Praperadilan di PN Jaksel Oleh Sekjen DPR Indra Iskandar, Ini Kasusnya

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Punya Kedalaman 116 Meter, Hongyancun Jadi Stasiun Kereta Bawah Tanah Terdalam di Dunia

Wisata
| Jum'at, 17 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement