Advertisement

Jogja Trending Topic Gegara Klitih, Ini Respons Penjabat Wali Kota

Anisatul Umah
Senin, 27 Maret 2023 - 13:57 WIB
Sunartono
Jogja Trending Topic Gegara Klitih, Ini Respons Penjabat Wali Kota Ilustrasi tawuran. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA‚ÄĒPemerintah Kota (Pemkot) Jogja angkat bicara terkait kasus klitih yang terjadi di Bumijo, Kemantren Jetis. Penjabat Wali Kota Jogja, Sumadi menyayangkan kejadian ini.

Ia mengimbau kepada orang tua di Jogja untuk selalu mengawasi anak-anaknya dan memberikan pendidikan sebaik mungkin. Pemkot sudah punya aturan terkait jam malam dalam rangka mencegah hal-hal negatif. Jam malam dimulai pukul 22.00 WIB sampai 04.00 WIB. Sebisa mungkin anak-anak tidak keluar rumah, kecuali ada hal yang penting dan harus didampingi orang tua atau walinya.

Advertisement

BACA JUGA : Polisi Tangkap 15 Pelaku Klitih Jogja yang Viral, 9 Masih Anak-Anak

"Agar anak-anak tidak melakukan hal-hal negatif karena ini nanti akan menimbulkan kerugian pada dirinya sendiri atau dari keluarga yang bersangkutan," ucapnya ditemui di Kantor Walikota Jogja, Senin (27/3/2023).

Ia menjelaskan berbagai upaya telah dilakukan. Mulai dari membuat regulasi, mengaktifkan patroli bersama dengan Satpol PP, aparat wilayah, dan aparat penegak hukum. Selain upaya pencegahan dari Pemkot Jogja, upaya antisipasi oleh orang tua juga diperlukan.

"Kalau orang tua sudah ikut berpartisipasi, saya yakin Jogja akan aman dan nyaman."

Sumadi berharap agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Dia mengajak di bulan Ramadan untuk meningkatkan amal ibadah dan menghindari hal-hal negatif. "Terhadap kejahatan ini entah apa namanya, klitih atau perang sarung semoga jadi yang terakhir," harapnya.

BACA JUGA : Klitih Terjadi Lagi, Pelaku Bacok Pengendara Motor di Jalan Damai Sleman

Klitih dan Jogja kembali viral dan menjadi pembicaraan utama alias trending topic di Twitter. Sebabnya adalah kasus pembacokan di Bumijo, Jetis, Jogja, yang membuat korban terluka parah dan diopname di rumah sakit.

Jogja ada dalam daftar trending topic Twitter pada Minggu (26/3/2023) pagi. Sementara, klitih viral sejak Minggu pagi hingga malam harinya. Video penganiayaan dan pembacokan di Bumijo tersebar luas setelah diunggah akun @ekadwiarianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bawaslu Tegaskan Tak Punya Kewenangan Menguji Sumber Dana Kampanye

News
| Kamis, 01 Juni 2023, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Long Weekend di Jogja, Ada Kotabaru Selain Malioboro Lho

Wisata
| Kamis, 01 Juni 2023, 17:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement