Advertisement

Pembunuh Wanita yang Ditemukan Tanpa Busana di Pantai Gunungkidul Dituntut Hukuman Mati

David Kurniawan
Selasa, 28 Maret 2023 - 16:12 WIB
Budi Cahyana
Pembunuh Wanita yang Ditemukan Tanpa Busana di Pantai Gunungkidul Dituntut Hukuman Mati Ilustrasi pelaku pembunuhan. Pembunuh wanita yang ditemukan tanpa busana di Pantai Ngrawe Gunungkidul dituntun hukuman mati. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dua terdakwa kasus pembunuhan wanita yang ditemukan tanpa busana di Pantai Ngrawe, Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, pada November tahun lalu, dituntut hukuman mati. Tuntutan ini dibacakan oleh jaksa penuntut umum dalam lanjutan sidang perkara di Pengadilan Negeri Wonosari, Selasa (28/3/2023).

Tersangka utama ERW, 27, adalah pacar korban. Tersangka kedua berinisial AA, 37, membantu pembunuhan hingga akhirnya korban ditemukan telanjang di Pantai Ngrawe pada 15 November 2022.

Advertisement

Kepala Seksi Intel, Kejari Gunungkidul, Herman Hidayat, mengatakan dalam sidang lanjutan pembunuhan wanita hamil yang ditemukan meninggal dunia di Pantai Ngrawe, tim penuntut sepakat menuntut kedua terdakwa dengan tuntutan hukuman mati. Ada beberapa pertimbangan yang membuat tuntutan maksimal dalam vonis diajukan.

Salah satunya, sambung Herman, pembunuhan terhitung sadis. Hal ini terlihat dari luka-luka yang ditemukan di tubuh korban.

Selain itu, korban sedang hamil sehingga yang dibunuh tidak hanya satu orang. Alasan lain yang memberatkan terdakwa karena upaya pembunuhan dilakukan secara berulang.

“Menurut hasil pemeriksaan, ada beberapa kali upaya pembunuhan. Tuntutan mati juga disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional [RPJMN] yang memprioritaskan perlindungan perempuan dan anak,” kata Herman saat dihubungi wartawan, Selasa sore.

Menurut Herman, sesuai dengan jadwal, sidang tinggal menyisakan empat kali hingga putusan dibacakan oleh majelis hakim.

BACA JUGA: Mayat Telanjang di Pantai Ngrawe Gunungkidul Korban Pembunuhan, Polisi Tangkap 2 Orang

“Kalau tidak ada halangan empat pekan lagi selesai. Minggu depan pembacaan replik [pembelaan], selanjutnya replik, terus duplik hingga terakhir putusan dari majelis hakim,” katanya.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Edy Bagus Sumantri, mengatakan mayat perempuan yang ditemukan tanpa busana di pantai diketahui berinsial RN asal Purworejo, Jawa Tengah. Adapun pengungkapan kasus ini tak lepas dari pemantauan CCTV milik warga di Kalurahan Kemadang, Tanjungsari. Sebelum pembunuhan berlangsung, dua pelaku dengan korban sempat makan bakmi bersama.

“Ada CCTV-nya kemudian dibuka hingga dietahui mobil yang dibawa pelaku untuk pembunuhan. Di sinilah awal mulai tertangkapnya kedua pembunuh,” katanya.

Dia menjelaskan, tersangka utama dalam kasus ini adalah adalah ERW, mahasiswa di UNS. Adapun AA berperan membantu dalam proses pembunuhan.

“Motifnya untuk menggugurkan kandungan. Sebab, korban sedang hamil 28 minggu, tapi tidak ingin menggugurkannya,” kata Edy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kemensos Buka 40.800 Formasi ASN 2024, Cek di Sini!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement