Advertisement

165.200 Tiket Mudik Lebaran KA Daop 6 Jogja Habis Terjual

Anisatul Umah
Kamis, 30 Maret 2023 - 16:17 WIB
Sunartono
165.200 Tiket Mudik Lebaran KA Daop 6 Jogja Habis Terjual Ratusan pemudik dari Jakarta yang menggunakan Kereta Api Progo turun di di Stasiun Lempuyangan, Jogja, Rabu (27/4/2022)-Harian Jogja - Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta mencatat penjualan tiket per hari ini, Kamis (30/3/2023) pukul 07.00 WIB sudah mencapai 50 persen. Hal tersebut disampaikan oleh Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo.

Menurutnya jumlah tiket yang disediakan sebanyak 333.567 tiket dan telah terjual 165.240 tiket. Periode mudik pra lebaran diperkirakan pada 12 April 2023 sampai dengan 21 April 2023.

Advertisement

"50 persen tiket sudah terserap. Perkiraan puncak arus mudik tanggal 20 April 2023," ucapnya kepada Harianjogja.com, Kamis (30/3/2023).

BACA JUGA : Simak! Ini Perkiraan Harga Tiket Mudik 2023 Via Pesawat

Terkait persiapan menyambut angkutan lebaran 2023, KAI Daop 6 bersama dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub akan melakukan ramp check sarana dan prasarana. Guna memastikan keandalan kereta api untuk dioperasikan pada musim angkutan lebaran ini.

Kemudian, menyiapkan kereta api tambahan, menyiapkan posko di stasiun tertentu untuk memastikan pelayanan prima kepada penumpang atau pelanggan kereta api.

"Menyiapkan alat material untuk siaga [AMUS] di beberapa stasiun, sebagai antisipasi apabila ada gangguan prasarana. Adanya BKO dari TNI-POLRI selama masa angkutan lebaran sebanyak 58 personel dan 4 tim K9 [detasemen anjing pelacak]," jelasnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, syarat perjalanan menggunakan kereta api jarak jauh masih sama, yakni bagi penumpang usia 18 tahun ke atas wajib sudah vaksin dosis tiga atau booster. "Betul [syarat perjalanan booster satu]," lanjutnya.

BACA JUGA : Harga Tiket Pesawat Jelang Mudik Lebaran Dipantau KPPU

Berdasarkan data Badan Kebijakan Transportasi (BKJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diprediksi akan ada 5,8 juta orang pemudik di DIY.

Sebelumnya, Kepala Dishub DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti menyampaikan Dishub DIY berkoordinasi dengan Polda DIY, serta Dishub Kabupaten/Kota di DIY untuk menyiapkan manajemen lalu lintas untuk menyambut pemudik.

Untuk pengendalian lalu lintas, Dishub DIY mengandalkan Area Traffic Control System (ATCS). Hingga saat ini ada satu ATCS yang telah mengandalkan Artificial Intelligence (AI) sehingga pengendalian lalu lintas dapat beroperasi secara langsung.

"Dia sudah bisa membaca karakteristik arus, dari sisi panjang tundaan sudah bisa membuat siklus, jadi siklusnya perlengan itu berapa, itu bisa menyesuaikan," ungkapnya.

Dishub bekerja sama dengan Polda DIY akan melakukan pengamanan selama arus mudik dan balik Lebaran 2023 melalui sejumlah posko patroli yang akan didirikan di sejumlah titik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement