Advertisement

Kelurahan Keparakan Jogja Gencarkan Kelola Sampah Anorganik

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 11 April 2023 - 22:37 WIB
Sunartono
Kelurahan Keparakan Jogja Gencarkan Kelola Sampah Anorganik Aktivitas pengelolaan sampah anorganik melalui bank sampah. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kelurahan Keparakan, Kemantren Mergangsan, Kota Jogja melakukan pengelolaan sampah anorganik melalui bank sampah. 

Lurah Kelurahan Keparakan, Yusup Ahbari menyampaikan setiap RW di Kelurahan Keparakan telah memiliki bank sampah. Bank sampah tersebut menjadi andalan bagi pengelolaan sampah di kelurahan. 

Advertisement

Sampah anorganik yang dipilah masyarakat dapat dijual melalui bank sampah. Menurut Yusup melalui program tersebut, selain sampah yang berkurang, masyarakat juga dapat menikmati manfaat ekonomi. 

BACA JUGA : Demo Warga Banyakan Salah Sasaran, Ternyata Ini Penyewa

“Pengolahan sampah anorganik dapat memberikan nilai jual lebih tinggi, [sampah anorganik] dapat dijual atau dimanfaatkan kembali, dan dapat meningkatkan kesejahteraan warga,” katanya, Selasa (11/4/2023). 

Dia pun menilai pengelolaan sampah anorganik melalui bank sampah berdampak baik bagi masyarakat. “[Bank Sampah] Sangat membantu terhadap pengurangan sampah di wilayah dan memberikan kesadaran masyarakat akan dampak yang timbul dari permasalahan sampah,” ucapnya. 

Berbagai upaya telah dilakukan Pemkot Jogja untuk mengajak masyarakat mengelola sampah anorganik, antara lain melalui sosialisasi, pelatihan pengolahan sampah, dan kampanye kebersihan lingkungan. Harapannya dapat memberikan kesadaran masyarakat agar meminimalkan penggunaan bahan-bahan anorganik dan beralih ke penggunaan bahan-bahan organik yang lebih ramah lingkungan.

BACA JUGA : Mulai 2023, Depo Sampah di Kota Jogja Lebih Selektif Terima

“Harapannya bahwa gerakan zero sampah anorganik ini menjadi salah satu alternatif atau pilihan dalam mengatasi permasalahan sampah dan juga untuk mengurangi penumpukan sampah di Kota Jogja,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Predksi BMKG: Seluruh Wilayah Indonesia Hujan Lebat Hari Ini

News
| Sabtu, 27 April 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement