Advertisement

Terminal Giwangan Mulai Ramai Pemudik, Tiap Hari Ada 400 Bus

Triyo Handoko
Rabu, 12 April 2023 - 19:47 WIB
Maya Herawati
Terminal Giwangan Mulai Ramai Pemudik, Tiap Hari Ada 400 Bus Suasana Terminal Giwangan yang dimasuki bus AKAP, Rabu (12/4 - 2023).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Terminal Giwangan mulai ramai oleh pemudik yang berdatangan dari luar Jogja. Rata-rata 400 bus antar kota antar provinsi (AKAP) memasuki Terminal Giwangan pekan kedua April ini.

Data Terminal Giwangan menyebut pada Minggu (9/4/2023) ada 443 bus AKAP masuk, lalu Senin (10/4/2023) terdapat 423 bus yang datang, kemudian pada Selasa (11/4/2023) turun jadi 392 bus yang berhenti di Terminal Giwangan.

Advertisement

Petugas Pelayanan Terminal Giwangan, Evak Nurwakhid menjelaskan jumlah masuknya bus AKAP di terminalnya sudah meningkat dibanding minggu pertama April. “Dibanding awal puasa dan awal April sudah mulai meningkat,” jelasnya, Rabu (12/4/2023).

Evak menyebut rata-rata bus AKAP masuk Terminal Giwangan sekitar 300an. "Kalau sudah menyentuh 400 bus maka sudah meningkat, kami juga sudah persiapkan peningkatan ini,” katanya.

Persiapan tersebut, jelas Evak, dengan menambah personil petugas pelayanan. "Selain itu berbagai organisasi seperti PMI juga akan berjaga untuk melayani kesehatan pemudik mulai H-3, lalu Dinkes Jogja juga akan melakukan tes kesehatan sopir pada akhir minggu ini," terangnya.

Evak memprediksi puncak pemudik di Terminal Giwangan akan terjadi pada 20 April mendatang. "Prediksi kami puncaknya 20 April, nanti 15 April kami cek lagi kenaikannya seberapa," ujarnya.

Pemudik yang memasuki Jogja lewat Terminal Giwangan, lanjut Evak, diminta memastikan kesehatanya terjaga. "Kami imbau untuk pemudik agar memastikan kesehatan dirinya apalagi sekarang musimnya pancaroba seperti ini, kami minta utamakan kesehatan dan tidak membawa barang berlebihan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement