Advertisement

Posko Mudik di Terminal Giwangan Mulai Operasi 14 April 2023

Anisatul Umah
Jum'at, 07 April 2023 - 10:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Posko Mudik di Terminal Giwangan Mulai Operasi 14 April 2023 Kondisi Terminal Giwangan, Rabu (5/4/2023). - Anisatul Umah/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Posko mudik di Terminal Giwangan akan mulai beroperasi pada 14 April 2023 mendatang. Empat orang petugas akan disiagakan per shift selama 18 hari sampai 1 Mei 2023.

Petugas Pelayanan Terminal Giwangan, Evak Nurwakhid mengatakan akan ada delapan orang yang berjaga di posko terbagi dalam dua shift. Menurutnya jumlah petugas posko lebih sedikit dari Nataru kemarin, di mana ada tujuh orang berjaga di masing-masing shift.

Advertisement

"Petugas posko nanti akan lebih banyak ke data berkaitan dengan rekap informasi dan pelayanan kepada masyarakat," paparnya, Jumat (7/4/2023).

Sementara untuk jumlah kendaraan yang keluar masuk sudah ada petugas reguler yang menghitung. Di momen mudik, petugas posko juga akan membantu terkait dengan ramp check.

"Kalau petugas reguler rutin sudah ada, tapi pendukung di lapangan misal ramp check biasanya kami pinjam petugas dari lokasi lain, ini kan kami ada ekstra empat petugas bantu pemeriksaan," jelasnya.

Baca juga: Nekat Impor Pakaian Bekas Bakal Dihukum 5 Tahun Penjara

Dia memperkirakan peningkatan jumlah penumpang akan terjadi pada 15 April 2023, dan puncak kepadatan di 19-20 April 2023.

Terkait dengan mudik gratis, Evak belum bisa memastikan berapa perkiraan jumlahnya yang akan masuk ke Terminal Giwangan. Informasi terakhir dari pemerintah DKI Jakarta akan ada 25-30 bus, namuan dari kementerian belum ada data berapa jumlah busnya.

"Sekarang pendaftaran mudik gratis menggunakan aplikasi Mitra Darat, jadi disentralkan biar daftarnya gak dobel. Tahun lalu ada yang dobel ikut mudik gratis di dua instansi berbeda sehingga kursinya kosong," paparnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan jumlah tujuan mudik gratis tahun ini bertambah. "Biasanya kan ada survei mudik gratis, apakah tujuan anda sudah memenuhi? ini dijadikan dasar analisa dan keluarlah tujuan-tujuan ini," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Panen Jagung di Tengah Pembacaan Putusan Sengketa Pilpres di MK

News
| Senin, 22 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement