Advertisement

Akhir Pekan Depan Diperkirakan Pemudik Mulai Padati Terminal Giwangan

Anisatul Umah
Senin, 03 April 2023 - 11:57 WIB
Jumali
Akhir Pekan Depan Diperkirakan Pemudik Mulai Padati Terminal Giwangan Suasana di Terminal Giwangan, Senin (3/4/2023) - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kepadatan pemudik di Terminal Giwangan, Jogja, diperkirakan baru akan terjadi pada akhir pekan depan. Sejauh ini, hingga pertengahan Ramadan, belum terjadi kepadatan pemudik yang berarti di tempat tersebut.

BACA JUGA: Masuk Terminal Giwangan, Pemilik Bus Harus Perhatikan Hal Ini

Advertisement

Petugas Pelayanan Terminal Giwangan, Evak Nurwakhid mengatakan saat ini kepadatan di Terminal Giwangan masih sama dengan hari-hari biasa. Belum ada peningkatan.

"Belum [meningkat], kemungkinan akhir pekan besok [mulai padat pemudik]," ucapnya, Senin (3/4/2023).

Menjelang arus mudik, pengelola Terminal Giwangan akan membuat posko mudik bekerja sama dengan Jasa Marga dan kepolisian. Utamanya, mengenai keamanan selama arus mudik. Selain itu, juga akan membantu mengkoordinasikan jika terjadi kekurangan armada.

"Posko lebaran akan kami siapkan jelang arus mudik, khususnya memastikan keamanan. Puncaknya sekitar 20 April 2023, karena cuti bersama dimulai 19 April 2023," lanjutnya.

Dia mengatakan, tahun ini juga akan ada mudik gratis, namun jumlahnya belum bisa dipastikan. Biasanya, kata Evak, mudik gratis diselenggarakan oleh Kementerian, Pemerintah DKI Jakarta, dan Jasa Raharja.

"Tahun lalu Pemerintah Banten, DKI Jakarta, Jasa Raharja, dan Kementerian langsung [adakan mudik gratis]," jelasnya.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) DIY memprediksi 5,9 juta orang masuk Jogja berdasarkan survei Kementerian Perhubungan. Sedangkan prakiraan Dishub DIY menyebut 1,7 juta orang keluar DIY.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dishub DIY Sumariyoto menjelaskan arus lalu lintas selama H-7 hingga H+7 lebaran diperkirakan lebih padat dan ramai dari lebaran tiga tahun terakhir.

"Sekarang lebih longgar dan cuti lebaran juga diperpanjang, berbeda dari tahun sebelumnya artinya kami bersiap-siap ekstra dari tahun sebelumnya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Elon Musk: PLTS Jadi Solusi Atasi Krisis Air Global

News
| Senin, 20 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement