Advertisement

Awas! Jalur Mudik di Bantul Banyak yang Masih Gelap, Ini Titik-Titiknya

Ujang Hasanudin
Rabu, 12 April 2023 - 16:37 WIB
Arief Junianto
Awas! Jalur Mudik di Bantul Banyak yang Masih Gelap, Ini Titik-Titiknya Ilustrasi Perawatan Lampu Penerangan Jalan Umum - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul meminta kepada semua pemudik atau wisatawan yang akan berkunjung ke Bantul di malam hari agar waspada dan mempersipakan kondisi lampu kendaraan. Pasalnya, sampai saat ini, masih banyak titik di ruas jalan di Bantul yang gelap atau kurang penerangan.

Beberapa ruas jalan yang kurang penerangan di antaranya ada di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS), Jalan Sedayu-Gesikan, Jalan Jogja-Wates.

Advertisement

“Kebetulan jalur itu semua kewenangan Pemerintah Pusat dan Pemda DIY. Kalau untuk jalan milik kabupaten saya kira sebagian besar sudah ada penerangan meskipun belum maksimal,” kata Kepala Dinas Perhubungan Bantul, Singgih Riyadi, Rabu (12/4/2023).

Singgih tidak menampik di jalan milik kabupaten juga masih perlu perbaikan. Sampai saat ini proses perbaikan lampu penerangan jalan umum masih terus dilakukan bahkan mobil layanan perbaikan lampu penerangan jalan umum siaga 24 jam.

BACA JUGA: Ini Penyebab Sebagian Jalan Umum di Kulonprogo Gelap, Peralatannya Dimaling

Demikian khusus di Jalan Palbapang-Srandakan juga saat ini ada perbaikan seperti dari kantor Kapanewon Pandak ke barat dan di simpang Sapu Angin ke barat.

Akan tetapi di JJLS, Singgih mengaku belum ada penambaan penerangan jalan. “Itu jalan berstatus Jalan Nasional sehingga kami tidak bisa berbuat banyak,” ucapnya.

Karena itu pihaknya menganjurkan pemudik atau wisatawan agar memanfaatkan siang hari untuk berkunjung ke Bantul. Namun jika terpaksa harus malam hari agar tetap hati-hati dengan menyiapkan lampu kendaraan.

Singgih juga meminta para pemudik atau wisatawan untuk mepersipakan diri jalur-jalur yang akan dilewati dengan berkonsultasi ke petugas jaga di beberapa pos pengamanan dan pos pelayanan.

Jika belum hafal jalan diusahakan untuk melintasi jalur utama selama kondisi jalur utama masih lancar atau belum padat. “Jalur alternatif kalau bisa menjadi pilihan kedua,” ujarnya.

‎Lebih lanjut Singgih mengatakan khusus untuk potensi terjadinya kemacetan arus lalu lintas selama arus mudik lebaran biasanya terjadi di Jalan Jogja-Wates tepatnya Klangon, Kapanewon Sedayu dan kemungkinan ada kegiatan pasar tumpah di jalan Srandakan tepatnya di Pasar Mangiran.

Namun sejauh ini ia belum menerima laporan apakah di Pasar Mangiran nantinya ada kegiatan pasar tumpah atau tidak. Selain itu potensi kemacetan juga terjadi di Jalan Piyungan-Wonosari sehingga di ruas jalan tersebut didirikan pos pengamanan arus mudik Lebaran.

“Kita bersama instansi terkait membuat lima pos pengamanan arus mudik lebaran, yakni di Jalan Srandakan, Jalan Jogja-Wates di Klangon, Jalan Piyungan-Wonosari di simpang tiga Piyungan, Pos Pengamanan lebaran di Pasar Seni Gabusan dan di TPR Induk Pantai Parangtritis,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement