Advertisement

Ini Penyebab Sebagian Jalan Umum di Kulonprogo Gelap, Peralatannya Dimaling

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 09 April 2023 - 21:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Ini Penyebab Sebagian Jalan Umum di Kulonprogo Gelap, Peralatannya Dimaling Ilustrasi perawatan LPJU - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Puluhan Miniature Circuit Breaker (MCB) dan Magnetic Contactor (MC) yang terpasang di boks lampu penerangan jalan umum (LPJU) hilang. Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo menduga peralatan tersebut hilang karena dicuri.

Kepala UPT Pengelolaan Penerangan Jalan, Dishub Kulonprogo, Iswanta mengatakan terdapat 16 boks kwh meter yang menjadi sasaran pencurian. "Boks kwh meternya kan ada 16. Nah, komponen di dalam boks itu ada satu hingga tiga MCB dan MC. MCB pun ada yang milik PLN dan Dishub. Itu ada yang diambil semua. Padahal satu MCB digunakan untuk mengampu beberapa lampu,” kata Iswanta dihubungi pada Minggu (9/4/2023).

Advertisement

Total MCB yang hilang tersebut mencapai 50 buah, sedangkan MC sebanyak 15 buah. Dia mengatakan, komponen LPJU yang hilang terdapat di dekat SD Kemukus, rest area Bendo atau Potronalan, depan SMPN 1 Girimulyo, Karanganyar Giripurwo, Dusun Nglengkong Giripurwo, dan Dusun Kembang.

“Selain itu ada juga di dekat perlintasan kereta api (KA) tepatnya sisi Barat arah RSUD Wates, lalu sisi di Selatan lampu lalu lintas Tambak, di Gedung Kesenian Kulonprogo, Simpang tiga Tanjungharjo dan Donomulyo, dan Sebokarang Timur teteg cekelan. Terakhir di Banjarasri ada di dua lokasi yaitu Ngaren dan tanjakan Tiban,” katanya.

Iswanta menambahkan kejadian pencurian MCB tersebut kerap terjadi menjelang Hari Raya Idulfitri. Untuk mengatasi hal tersebut, Dishub akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan PLN agar LPJU tersebut tetap menyala. Hal tersebut penting karena arus mudik mulai bergerak.

“Kalau terlalu lama LPJU itu padam kan masyarakat yang kerepotan. Gelap dan keselamatan pengendara juga dipertaruhkan,” ucapnya.

Dishub akan mengecek persediaan stok MCB dan MC terlebih dahulu. Apabila masih ada stok, maka Dishub akan memasanganya setelah mendapat instruksi kepala dinas. Iswanta yang mendapat laporan tersebut kemudian melaporkannya kepada Polres Kulonprogo pada Sabtu (8/4/2023) malam.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Kuloprogo, Iptu Triatmi Noviartuti mengatakan bahwa kerugian atas hilangnya MCB dan MC tersebut mencapai sekitar Rp9,5 juta. “Satreskrim Polres Kulonprogo sedang menangani dan melaksanakan penyelidikan lebih lanjut untuk menemukan pelaku pencurian tersebut,” kata Noviartuti.

Atas kejadian tersebut, Noviartuti mengimbau kepada masyarakat Kulonprogo agar lebih peduli menjaga dan merawat aset milik negara yang digunakan untuk kepentingan umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement