Advertisement

Update Terbaru Dapil Pemilu Legislatif Kota Jogja, Pendaftaran Caleg Mulai 24 April

Triyo Handoko
Kamis, 13 April 2023 - 11:57 WIB
Sunartono
Update Terbaru Dapil Pemilu Legislatif Kota Jogja, Pendaftaran Caleg Mulai 24 April Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—KPU Kota Jogja sudah menetapkan daerah pilih (Dapil) dalam pemilu legislatif DPRD Jogja, termasuk alokasi kursinya. Tak ada perubahan Dapil dan alokasi kursi DPRD Jogja pada Pemilu 2024 mendatang.

Di mana terdapat lima Dapil dan 40 kursi yang dipertarungkan dalam pilihan anggota dewan tersebut. Ketua KPU Jogja Hidayat Widodo menjelaskan tak adanya perubahan karena Dapil dan alokasi kursi pada Pemilu 2019 lalu masih relevan.

Advertisement

“Sudah ditetapkan oleh KPU RI berdasarkan Peraturan KPU No.6/2023, komposisi dapil tetap sama sejak 2004 termasuk alokasi kursi,” jelasnya, Rabu (12/4/2023).

BACA JUGA : Resmi! Dapil dan Alokasi Kursi DPRD di DIY untuk Pemilu 

Hidayat merinci setiap Dapil beserta alokasi kursi DPRD Jogja terdiri Dapil 1 meliputi Kemantren Mantrijeron, Keraton dan Mergangsang dengan sembilan kursi. Lalu, Dapil 2 terdapat Kemantren Ngampilan, Wirobrajan, Pakualaman, dan Gondomanan dengan tujuh kursi.

“Dapil 3 mencakup Kemantren Tegalrejo, Gedongtengen, hingga Jetis, dengan alokasi kursi delapan, lalu Dapil 4 ada Kemantren Gondokusuman dan Danurejan dengan alokasi enam kursi. Terakhir, Dapil 4 meliputi Kemantren Umbulharjo dan Kotagede dengan kursi sebanyak 10,” rinci Hidayat.

Sedangkan pendaftaran calon legislatif (Caleg) yang akan bertarung pada Pemilu 2024 untuk merebutkan kursi DPRD Jogja, jelas Hidayat, akan diumumkan pada 24 April mendatang. “Aturan pendaftaran Caleg belum ada peraturan terbarunya, masih kami koordinasikan,” katanya.

BACA JUGA : KPU Jogja Siapkan Tiga Skema Dapil untuk Pemilu Serentak

Hidayat berharap partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024 tersebut meningkat. “Tidak hanya saat menggunakan hak pilih tapi juga dalam proses-proses lain, misalnya pengawasan atau sosialisasi lainnya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement