Advertisement

Layanan Puskesmas di Bantul Tetap Buka saat Cuti Lebaran

Ujang Hasanudin
Minggu, 16 April 2023 - 15:37 WIB
Sunartono
Layanan Puskesmas di Bantul Tetap Buka saat Cuti Lebaran Bagian dalam bangunan eks Puskesmas Bambanglipuro, Bantul. - Istimewa/Pemkab Bantul

Advertisement

Harianjogja.com BANTUL—Dinas Kesehatan Bantul memastikan semua puskesmas yang ada di Bumi Projotamansari tetap membuka pelayanan selama libur dan cuti lebaran Idulfitri 1444 Hijriah mendatang.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Bantul, Anugrah Wiendyasari mengatakan total ada 27 puskesmas di Bantul yang terdiri dari 16 puskesmas rawat inap dan 11 puskesmas non rawat inap atau rawat jalan. Semuanya tetap buka selama masa cuti lebaran.

Advertisement

“Kecuali puskesmas non rawat inap itu tutup tanggal 22 dan 23 April karena tanggal merah.  Selebihnya di masa cuti dari 19, 20, 21, 24 dan 25 April tetap buka, tetap melayani. Sementara puskesmas rawat inap buka 24 jam baik tanggal mera maupun cuti lebaran.” katanya, saat dihubungi Minggu (16/4/2023).

BACA JUGA : Diperpanjang! Ini Jadwal Cuti Bersama Lebaran 7 Hari

Anugrah mengatakan layanan kesehatan harus tetap buka itu sesuai dengan Surat Edaran Bupati Bantul Nomor 850/06202/ORG tentang Pelaksanaan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023. Menurutnya, selama libur nasional dan cuti bersama seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) di Bantul diperintahkan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan medis.

RSUD Saras Adyatma, Puskesmas, UPTD Labkesda, dan UPTD Jamkesda mengatur jadwal pelayanan dan penugasan pegawai pada hari libur nasional dan cuti bersama. Jadwal pelayanan diinformasikan kepada masyarakat atau unit terkait.

Dinas Kesehatan dan Instalasi Farmasi mengatur penugasan petugas piket untuk melayani kebutuhan fasyankes. “Rumah sakit dan puskesmas rawat inap, menyelenggarakan pelayanan IGD 24 jam untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan, rujukan kasus maternal neonatal [ibu melahirkan dan bayi], dan kondisi darurat lainnya,” ujarnya.

BACA JUGA : Siap-Siap Pengangkutan Sampah Libur 3 Hari saat Lebaran

Selain itu rumah sakit dan puskesmas juga mengirimkan tim untuk bertugas di pos kesehatan yang ditentukan, kepala puskesmas agar melakukan pengaturan jadwal pelayanan di poli rawat jalan selama pelaksanaan libur nasional dan cuti bersama.

Untuk kewaspadaan lonjakan kasus Covid-19, seluruh fasilitas pelayanan kesehatan melakukan promosi kesehatan agar masyarakat tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Semua petugas kesehatan diminta melaporkan kejadian kecelakaan baik penanganan di rumah sakit, puskesmas maupun pos kesehatan,” ujarnya.

Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul, Atthobari mengatakan selama libur dan cuti lebaran piaknya juga mengatur jam pelayanan. Namun khusus layanan IGD tetap buka selama 24 jam untuk mengantisipasi kejadian kegawatdaruratan. “Pelayanan Instalasi Gawat Darurat operasional 24 jam” katanya.

BACA JUGA : Libur Lebaran, Sejumlah Faskes dan Nomor Layanan Darurat 

Demikian pelayanan ibu hamil dan melairkan juga tetap siaga 24 jam. Layanan rawat inap dan rawat intensif tetap berjalan seperti biasa. Kecuali poliklinik libur dari 21-24 April dan buka kembali pada 25 April 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement