Advertisement

Masih Banyak Reklame Melanggar Aturan di Gunungkidul

David Kurniawan
Minggu, 16 April 2023 - 21:37 WIB
Arief Junianto
Masih Banyak Reklame Melanggar Aturan di Gunungkidul Ilustrasi. - Antarafoto

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Satpol PP Gunungkidul terus menertibkan keberadaan reklame tak berizin. Kegiatan ini sebagai upaya mengurangi sampah visual yang beredar di masyarakat.

Kepala Satpol PP Gunungkidul, Edy Basuki mengakui upaya penertiban reklame tak berizin terus dilakukan. Pasalnya, hingga sekarang masih ada yang ngeyel karena memasang reklame dengan sembarangan.

Advertisement

Menurut dia, penertiban merupakan kegiatan rutin yang terus dilakukan. Edy mencontohkan, di bulan ini sudah mencopot 34 banner, enam spanduk dan satu baliho di Kapanewon Nglipar.

Penertiban juga dilakukan di Kapanewon Semanu dengan hasil mencopot enam spanduk dan 17 banner. “Patroli penertiban dilakukan secara bergiliran. Harapannya masyarakat bisa terttib dan menaati aturan dalam pemasangan reklame,” kata Edy kepada wartawan, Minggu (16/4/2023).

BACA JUGA: Sat Pol PP Bantul Tindak 9 Pelanggaran Reklame

Menurut dia, pemasangan reklame tidak hanya harus berizin, namun juga harus mematuhi aturan yang berlaku. Reklame tidak boleh dipasang di tiang listrik, dipasang melintang jalan hingga ditempelkan di pohon.

Disinggung mengenai atribut partai yang mulai marak, ia mengakui juga menindak terhadap bendera partai yang dipasang di pinggir-pinggir jalan. “Ada ketentuan yang harus dipatuhi. Kalau melanggark, kami tidak segan-segan mencopotnya,” kata Edy.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Kepala Penegak Perda, Satpol PP Gunungkidul, Ngatijo. Menurut dia, dasar penertiban reklame yang melanggar aturan tertuang dalam Perda No.3/2008 . “Sudah ada detailnya dan itu menjadi dasar. Kalau memang menayalahi aturan, maka kami siap menertibkan,” katanya.

Ngatijo menambahkan, sosialisasi perda tentang reklame ini terus dilakukan. Diharapkan masyarakat bisa mematuhinya agar sampah visual yang ada bisa dikurangi.

Hal ini lantaran pemasangan yang sembarangan dapat menimbulkan kesan yang kurang baik. “Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang kami miliki, maka kalau ada yang melanggar akan dilakukan penindakan. Tujuan penertiban agar pemasangan bisa menaati aturan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Video Viral Kejadian Unik, Truk Melaju Tanpa Sopir di Tol Kalikangkung Semarang

News
| Kamis, 18 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement