Advertisement

Daerah Istimewa Yogyakarta Dibanjiri Jutaan Wisatawan, Rekayasa Lalu Lintas Diperbanyak

Hadid Husaini
Rabu, 19 April 2023 - 12:47 WIB
Maya Herawati
Daerah Istimewa Yogyakarta Dibanjiri Jutaan Wisatawan, Rekayasa Lalu Lintas Diperbanyak Ilustrasi mudik / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Direktorat Jenderal Perhubungan menyebut sebanyak 5,9 juta pemudik diprediksi bakal membanjiri Daerah Istimewa Yogyakarta. Meningkatnya jumlah wisatawan dari tahun sebelumnya akan dibuat berbagai rekayasa lalu lintas.

“Sebanyak 5,9 juta dari 123,8 juta secara nasional akan ada mobilisasi. Dari sisi penduduk saja DIY hanya 3,6 juta jiwa,” kata Kepala Dinas Perhubungan DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti saat jumpa pers di Kompleks Kepatihan, Danurejan, Jogja (18/4/2023). 

Advertisement

Kondisi mobilitas masyarakat yang berkunjung Jogja tersebut meningkat drastis dari tahun sebelumnya sebanyak 3 juta pengunjung. Dirinya ingin memastikan untuk lebaran tahun ini zero accident. Dengan meningkatnya jumlah pengunjung secara drastis tersebut, Dishub DIY akan melakukan banyak rekayasa.

BACA JUGA: Libur Lebaran, GIPI Perkirakan Wisatawan Melonjak Dibanding Tahun Lalu

Patroli empat arah terutama di destinasi wisata banyak di wilayah selatan. Untuk mengantisipasi hal tersebut dirinya menyebut akan banyak melakukan rekayasa lalu lintas dengan dibantu  dari pihak di masing-masing kabupaten atau kota baik Polres maupun Dinas Perhubungan.

Kami tidak bisa mengatakan satu atau dua arah, kalau misal stuck, penuh jangan sampai mengantre di jalan. Kami akan melakukan rekayasa kalau sudah tidak memungkinkan

Made menyebut jika mobilitas masyarakat pada libur lebaran akan lebih banyak berada di wilayah selatan untuk menikmati wisata. “ baru malamnya akan ada pergerakan ke kota,” ujarnya.

Dishub DIY menyediakan Posko di tiga titik. Posko 1 berada di Babarsari, Posko 2 berada di Prambanan, dan Posko 3 berada di Patuk. “Alasan kami di Patuk karena kami ingin melakukan rekayasa lalu lintas menuju He ha Skyview dan Mangunan,”kata Made.

 

 



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement