Advertisement

Apel Siaga SRI, 328 Personel Disiapkan Amankan Libur Lebaran

Media Digital
Rabu, 19 April 2023 - 05:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Apel Siaga SRI, 328 Personel Disiapkan Amankan Libur Lebaran Apel Siaga Pengamanan di Posko SRI, Parangtritis, Bantul, Selasa (18 - 4).

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL— Sedikitnya 328 personel Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) DIY disiagakan untuk mengamankan masa libur Lebaran selama 10 hari, sejak 19-29 April 2023 mendatang. Mereka akan ditempatkan dan patroli di sejumlah objek wisata di wilayah DIY. 

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja DIY Noviar Rohmad menjelaskan, selama 10 hari itu seluruh kekuatan personel disiapkan. Pihaknya tidak lagi menggunakan sistem sif lantaran jumlah wisatawan yang diamankan sangat banyak. 

Advertisement

"Kami berharap selama libur Lebaran ini 0 insiden, baik laka laut, laka lantas dan kejadian lain. Ini momen kita untuk maksimal, mengamankan pengunjung dan memberikan rasa aman," katanya dalam apel siaga pengamanan Lebaran di posko SRI Parangtritis, Selasa (18/4/2023). 

Noviar menyebut, tugas personel SRI tidak hanya melakukan pencarian dan pertolongan kepada para wisatawan. Mereka juga membantu dalam mengatasi sejumlah kejadian yang menonjol di wilayah masing-masing. Saat ini ada sebanyak tujuh wilayah SRI yang tersebar di DIY. 

"Tindakan tegas dan terukur bagi pengunjung harus dilakukan, jangan ragu ketika misalnya ada lokasi yang dilarang berenang di suatu tempat jangan takut melarang karena untuk keselamatan pengunjung sendiri," ucapnya. 

Adapun 328 personel itu nantinya akan siaga di 51 objek wisata yang 33 di antaranya merupakan objek wisata pantai. Kemudian mereka juga akan patroli di 133 objek wisata lainnya untuk melakukan pengamanan selama libur Lebaran. 

"Kami juga membagikan sejumlah peralatan pendukung berupa empat unit ATV, 10 papan surving, 16 tandu, delapan tenda regu, dan 100 kantong jenazah untuk digunakan dalam mendukung tugas operasional," pungkas Noviar. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadi Tersangka Korupsi, KPK Cekal Bupati Sidoarjo Pergi ke Luar Negeri

News
| Selasa, 16 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement