Advertisement

Agar Tak Terpapar Diare saat Lebaran, Ini yang Harus Diperhatikan

Catur Dwi Janati
Rabu, 19 April 2023 - 09:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Agar Tak Terpapar Diare saat Lebaran, Ini yang Harus Diperhatikan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Masyarakat diminta mewaspadai potensi terpapar penyakit diare saat Lebaran dengan memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Warga juga diminta memasak bahan makanan dengan benar untuk menekan potensi diare maupun keracunan makanan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, Cahya Purnama menuturkan diare berpotensi dapat meningkat lebaran nanti. Makanan dan hingga air dapat menjadi sumber penularan penyakit ini. Diare, katanya, salah satu penyakit yang bersumber dari atau disebabkan lewat makanan, lewat air.

Advertisement

"Kemungkinan kalau nanti ada bakteri muncul di makanan kemudian termakan oleh orang dan itu sekupnya besar, skala besar misalnya dalam perhelatan atau mungkin di pasar yang dijajakan cukup banyak, yaitu nanti mungkin akan terjadi kenaikan kasus diare," tuturnya dikutip pada Selasa (18/4/2023).

Menurut Cahya, penyakit diare harus segera ditangani. Pasalnya penyebabnya bisa macam-macam, mulai dari makanan, bakteri, virus dan bisa dari intoleransi.

"Tapi kalau pada musim-musim seperti ini yang kita harus hadapi bagaimana tidak hanya kemanan pangan jenisnya saja, tapi juga kebersihan lingkungannya. Supaya pangan-pangan tadi tidak tercemar oleh penyakit-penyakit yang bisa ditularkan lewat makanan tadi. Food borne disease, misalnya tipes, diare itu bisa dari situ," tegasnya.

Di sisi lain, cara pengolahan makanan juga jadi perhatian Cahya.  Masyarakat harus memperhatikan betul bagaimana cara memasak yang baik dan aman bagi kesehatan.

"Memasak dengan tepat sampai mendidih, kalau air minum juga sama seperti itu sehingga tidak mengeluarkan bahaya penyakit," ujarnya.

Upaya preventif telah dilakukan Dinkes untuk menekan beredarnya pangan berbahaya yang bisa mengakibatkan keracunan maupun diare. Dijelaskan Cahya Dinkes Sleman selalu turun pada musim-musim libur panjang atau hari besar untuk melakukan pemantauan makanan. Baik itu di tempat-tempat penjual jajanan, di food court maupun di pasar. Kegiatan Ini dilakukan bersamaan dengan Balai Besar POM bersama OPD terkait.

"Kita turun memantau makanan-makanan kedaluwarsa makanannya makanan yang berpotensi terjadi keracunan makanan. Termasuk juga kalau nanti ada keracunan makanan pada saat libur panjang ini bisa langsung mengakses ke Dinkes, nanti akan kita tangani secara cepat," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement