Advertisement

Ibu Berperan Menekan Stunting

Media Digital
Kamis, 20 April 2023 - 02:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Ibu Berperan Menekan Stunting Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jogja Emma Rahmi Aryani. Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA Sebagai pimpinan tertinggi di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jogja, tugas dan tanggung jawab Emma Rahmi Aryani tidaklah mudah. Meski berada di pusat kota, masih banyak persoalan kesehatan yang harus segera ditangani, salah satunya masalah kekerdilan pada anak alias stunting.

Advertisement

Berdasarkan survei Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022, angka stunting di Kota Jogja menurun 3,3 persen dari 17,1% menjadi 13,8%. Sedangkan angka prevalensi stunting di DIY menurun 0,9% dari 17,3% menjadi 16,4%. Angka tersebut mengantarkan DIY masuk menjadi tiga provinsi dengan kasus stunting terendah di Indonesia. Emma menilai peran perempuan sebagai ibu sangat penting dalam upaya penanganan stunting.

“Peran ibu sangat dominan, sebagai ibu rumah tangga akan mengelola keluarganya, khususnya dalam stunting memberikan asupan gizi yang baik bagi bayi atau anak-anaknya,” katanya, Senin (17/4).

Menurut Emma, peran penting perempuan dalam upaya penurunan stunting perlu didukung dengan pengetahuan terkait dengan asupan gizi yang dibutuhkan anak-anak, sehingga dia mendorong agar perempuan dapat meningkat pengetahuan agar upaya penurunan stunting dapat berjalan optimal. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement