Advertisement

Warga Datangi Taman Pintar demi Lihat Gerhana Matahari Siang Tadi

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 20 April 2023 - 18:27 WIB
Galih Eko Kurniawan
Warga Datangi Taman Pintar demi Lihat Gerhana Matahari Siang Tadi Masyarakat melihat gerhana Matahari di Taman Pintar Jogja, Kamis (20/4/2023). - Harian Jogja - Stefani Yulindriani

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gerhana Matahari yang terjadi pada Kamis (20/4/2023) pagi sampai siang tadi ternyata mengundang minat warga untuk menonton.

Mereka mendatangi Taman Pintar Jogja demi bisa melihat fenomena langka itu, apalagi kali ini terjadi saat bulan Ramadan.

Advertisement

Untuk menyaksikan fenomena alam tersebut, Taman Pintar bekerja sama dengan komunitas astronomi Penjelajah Langit mengajak masyarakat untuk melihat fenomena ini melalui kegiatan bertajuk Jogja Melihat Gerhana.

Melalui kegiatan tersebut, masyarakat dapat menyaksikan gerhana matahari dengan menggunakan sejumlah teleskop dan peralatan yang disediakan di area Playground Taman Pintar.

Kepala Taman Pintar Jogja Retno Yuliani menyampaikan gerhana Matahari yang terjadi kali merupakan gerhana Matahari hibrida.

Gerhana semacam itu merupakan gabungan Gergana Matahari Total dan Gerhana Matahari Cincin dengan satu tempat, hanya bisa menyaksikan satu jenis gerhana.

“Jogja menjadi ibu kota provinsi yang paling awal dapat menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian [GMS]. GMS di Jogja mulai terjadi pada pukul 09.26 WIB dan mencapai puncaknya pukul 10.48 WIB, kemudian selesai pada 12.16 WIB,” ucapnya, Kamis.

Kemudian, Kota Medan +menjadi ibu kota provinsi yang paling awal mengakhiri GMS. Retno menyampaikan di Indonesia hanya sebagian wilayah yang dapat menyaksikan GMS.

“Indonesia hanya mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan GMT untuk Indonesia bagian timur melewati Maluku, Papua Barat dan Papua sedangkan beberapa daerah lain hanya dapat menyaksikan GMS,” ucap Retno.

Retno berharap kegiatan mengamati gerhana yang dilakukan Taman Pintar dapat meningkatkan minat masyarakat terutama generasi muda untuk mengenal dan mengembangkan sains dalam bidang astronomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Digugat Praperadilan di PN Jaksel Oleh Sekjen DPR Indra Iskandar, Ini Kasusnya

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement