Advertisement

WISATA LEBARAN: Wisata Kalibiru Tetap Buka

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 21 April 2023 - 20:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
WISATA LEBARAN: Wisata Kalibiru Tetap Buka Seorang wisatawan sedang menikmati pemandangan di Destinasi Wisata Alam Kalibiru pada Jumat (21/4/2023). - Harian Jogja/Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Wisata alam Kalibiru yang terletak di Hargowilis, Kokap, Kulonprogo tetep buka meski libur Lebaran. Tidak hanya itu, wahana yang disediakan juga tidak ditutup. Wisatawan tetap dapat mengambil foto berlatar belakang properti dan pemandangan deretan Bukit Menoreh serta Waduk Sermo.

Pengelola Wisata Alam Kalibiru, Harjiyanto mengatakan bahwa belum semua umat Islam merayakan Hari Raya Idulfitri. Hal itu menjadi salah satu faktor angka kunjungan wisatawan di Kalibiru.

Advertisement

"Hari ini memang ada kunjungan. Sampai pukul 14.30 WIB ini baru ada di atas 40 orang yang datang. Tadi kami juga baru buka pukul 10.00 WIB. Hari puasa kemarin juga turun untuk kunjungan wisatawan. Nah, untuk besok Sabtu 22 April, Destinasi Wisata Kalibiru tetap buka seperti biasa," kata Harjiyanto ditemui di Destinasi Wisata Kalibiru pada Jumat (21/4/2023).

Harjiyanto menambahkan bahwa pada bulan puasa, angka kunjungan per hari hanya menyentuh sekitar 20 sampai 30 orang. Kendati demikian, Harjiyanto bersama pengelola lain optimistis akan dapat menarik banyak wisatawan utamanya.

Baca juga: Simak Pesan Sri Sultan HB X dalam Idulfitri 2023

Pada bulan Januari 2023, jumlah kunjungan wisatawan di Kalibiru mencapai angka 2.595 orang, angka tersebut turun pada bulan Februari dengan 1.477 orang, dan Maret dengan 1.327 orang. Penurunan angka kunjungan tersebut disebabkan oleh jam operasional Destinasi Wisata Alam Kalibiru yang tidak buka selama satu bulan penuh.

"Khusus untuk besok Sabtu, kami memprediksi akan ada sekitar 100 orang datang ke sini soalnya semua umat Islam sudah menunaikan Hari Raya Idulfitri. Sebagai informasi, besok kami buka mulai pukul 07.00 WIB, tapi untuk wahana baru kami buka pukul 08.00 WIB," katanya.

Lebih jauh, Harjiyanto menjelaskan bahwa berdirinya Destinasi Wisata Kalibiru diprakarsai oleh warga sekitar. Pembukaan destinasi tersebut tidak lain agar warga sekitar dapat memiliki penghasilan selain sebagai seorang petani.

"Hampir seluruh yang kami bangun di sini itu hasil swadaya. Memang ada bantuan dari Pemerintah Daerah, namun tidak banyak," ucapnya.

Dibandingkan dengan Destinasi Wisata Kalibiru, melalui pantauan Harian Jogja, destinasi wisata seperti Waduk Sermo, Puncak Saka, dan Omah Cantrik cenderung memiliki intensitas kunjungan yang lebih rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement