Advertisement

Jalan Penghubung Pantai Glagah dengan Congot Rusak Terkena Abrasi

Andreas Yuda Pramono
Sabtu, 22 April 2023 - 19:47 WIB
Sugeng Pranyoto
Jalan Penghubung Pantai Glagah dengan Congot Rusak Terkena Abrasi Abrasi yang terjadi di Pantai Glagah. -Andreas Yuda Pramono - Harianjogja.com

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO–Jalan penghubung antara Pantai Glagah dengan Congot rusak terkena abrasi.

Paguyubang Penginapan Pantai Glagah berupaya untuk menguruk jalan tersebut secara swadaya. Ketua Paguyuban Penginapan Pantai Glagah, Bento, mengatakan dia bersama anggota paguyuban telah menguruk jalan tersebut sebanyak delapan kali.

Advertisement

"Kali pertama saya nguruk itu tahun 2017. Itu banyak sekali saya nguruknya akibat abrasi. Kami membeli batu putih delapan rit, ada lagi bahan material delapan rit, terus masih saya uruk pakai batu padas biar pasirnya tidak lari," kata Bento ditemui di Penginapan Boulevard pada Sabtu (22/4/2023).

Hanya saja, kata Bento abrasi terjadi terus menerus. Karena itu dia rutin memantau kondisi jalan. Padahal, kata Bento, jalan tersebut sangat penting karena menghubungkan Pantai Glagah dengan Congot. Hingga sekarang, paguyuban penginapan telah menghabiskan dana jutaan untuk memperbaiki jalan tersebut.

"Biasanya odong-odong lewat situ kan. Mereka biasa menuju ke Plaza Kuliner atau dekat pemecah ombak sana. Kalau jalannya bagus, mobil atau motor tidak akan kepater atau terjebak di jalan itu," katanya.

Bento berharap agar pemerintah daerah segera memperbaiki jalan tersebut, sehingga pengunjung yang akan berwisata di Pantai Glagah maupun Congot merasa nyaman.

"Kalau bisa nanti ketika perbaikan, saya meminta untuk menggeser jalan itu ke sisi utara. Biar tidak mepet bibir pantai. Dulu itu jarak jalan dengan bibir pantai sekitar 10 meter, tapi sekarang malah makin dekat," ucapnya.

Selain menguruk, paguyuban penginapan juga menanam pandan laut di sepanjang garis abrasi. Dengan upaya itu, Bento berharap kerusakan jalan tidak akan bertambah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement