Advertisement

Arus Balik, Ribuan Kendaraan Melewati Jalur Fungsional Jalan Tol Jogja-Solo

Stefani Yulindriani Ria S. R
Rabu, 26 April 2023 - 13:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Arus Balik, Ribuan Kendaraan Melewati Jalur Fungsional Jalan Tol Jogja-Solo Pengemudi melintasi Tol Jogja Solo yang dibuka fungsional di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/4/2023). - Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Advertisement

2 Hari Lebaran, 11.000 Kendaraan Melewati Jalur Fungsional Jalan Tol Jogja-Solo 

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) mencatat selama tanggal 22-23 April 223 terdapat 11.831 kendaraan yang melintas jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo ruas Kartasura-STA 6, Sawit, Boyolali. Adapun selama arus balik mulai 24 April 2023 tercatat ada 5.092 kendaraan yang melintas jalur tersebut. 

Direktur Utama PT JMM Suchandra P. Hutabarat mengatakan selama dua hari di saat periode silaturahmi kami mencatat sekitar 11.000 kendaraan yang melewati jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo. "Volume lalu lintas tertinggi pun terjadi pada periode tersebut, yaitu sebanyak 6.279 kendaraan pada 23 April 2023. Rata-rata peningkatan volume lintas terjadi pada periode pagi hingga siang hari, pukul 06.00-14.00 WIB,” katanya melalui rilisnya, Rabu (26/4/2023). 

Dia menyampaikan jalan tol tersebut masih akan beroperasi secara satu arah dari STA 6, Sawit, Boyolali menuju Kartasura selama arus balik pada 24 April-1 Mei 2023. Untuk menunjang kenyamanan pengguna jalan tol dalam berkendara, PT JMM juga menyiagakan sarana dan prasarana penunjang antara lain Mobile Customer Service (MCS)/Patroli, derek, ambulans, rescue, dan Patroli Jalan Raya (PJR). Selain itu, ada pula Pos Pantau Siaga di STA 3+400 yang dapat digunakan sebagai tempat parkir darurat bagi kendaraan yang mengalami kendala. Di pos pantau tersebut juga dilengkapi dengan toilet portable dan BBM kemasan yang dapat digunakan pengguna tol. 

“Diharapkan dengan adanya jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo dapat mengatasi kepadatan yang sering terjadi di Jalan Nasional Jogja-Solo terutama pada periode Idulfitri,” ucapnya. 

Jalan fungsional ini juga akan menjadi jalur alternatif masyarakat yang akan menuju ke Bandara Adi Sumarmo melalui Gerbang Tol Colomadu, serta yang akan menuju ke Boyolali dan Klaten setelah keluar dari Jalan Tol Trans Jawa. 

Rencananya jalan tol tersebut akan dibangun dalam tiga tahap, yakni tahap I sepanjang 49,25 Km dari Kartasura-Maguwoharjo dan Trihanggo–Junction Sleman, tahap II sepanjang 38,574  km dari Junction Sleman–YIA, Kulon Progo, dan tahap 3 sepanjang 8,75 Km dari Maguwoharjo-Trihanggo. 

Jalan tol dengan total panjang 96,57 Km ini memiliki masa konsesi selama 40 tahun dan merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk mendukung program pemerintah dalam pemerataan infrastruktur di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement