Advertisement

Wisatawan Gunung Api Nglanggeran Membeludak, Homestay Tetap Sepi, Kok Bisa?

David Kurniawan
Jum'at, 28 April 2023 - 18:17 WIB
Arief Junianto
Wisatawan Gunung Api Nglanggeran Membeludak, Homestay Tetap Sepi, Kok Bisa? Embung Nglanggeran di Kecamatan Patuk, Gunungkidul. - Harian Jogja - Galih Eko Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Tingkat kunjungan wisata di kawasan Gunung Api Purba di Kalurahan Nglanggeran, Patuk mengalami peningkatan pada saat libur Lebaran. Sayangnya, banyaknya wisatawan yang datang tak sebanding dengan rendahnya angka pelancong yang menginap di homestay-homestay di sana. 

Hal ini disampaiakan oleh pengelola Desa Wisata Nglanggeran, Sugeng Handoko, Kamis (27/4/2023). Menurut dia, peningkatan kunjungan mulai terlihat pada Minggu (23/4/2023) hingga Rabu (26/4/2023). “Rata-rata hampir 500 orang per harinya. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan kunjungan di hari biasa,” kata Sugeng.

Advertisement

Meski demikian, dia mengakui untuk kunjungan masih banyak yang belum menginap. Pasalnya, dari 54 homestay tersedia, tingkat keterisian dapat dihitung dengan jari.

Homestay yang isi hanya satu dua saja.sedangkan kebanyakan masih kosong. Mungkin karena ada kunjungan ke tujuan wisata lainnya, maka wisatawan jarang yang menginap,” katanya.

BACA JUGA: Air Terjun Kedungkandang Gunungkidul Lenyap Gegara Proyek Jalan, Turis Asing Kecele

Menurut Sunu hal tersebut bukan menjadi suatu hal yang dipersoalkan. Pasalnya, tingkat kunjungan tetap ada meski libur Lebaran sudah usai.

Dia mencontohkan, pada 2 Mei 2023 sudah mendapatkan pemesanan untuk wisata live in dari Makassar sebanyak 126 orang. Adanya pemesanan ini hampir bisa dipastikan homestay di Nglanggeran akan penuh untuk pengunjung.

“Semua harus disyukuri. Meski homestay banyak yang kosong saat Lebaran, malah bisa dimanfaatkan oleh saudara jauh yang berkunjung,” katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan, libur cuti bersama telah berakhir pada Selasa (25/4/2023). Meski demikian, upaya penghitungan pengunjung Lebaran masih akan berlangsung hingga 30 April mendatang.

Selama liburan ini, dinas pariwisata menargetkan kunjungan sebanyak 186.000 orang. Diharapkan lonjakan pengunjung mampu menambah pundi-pundi pendapatan asli daerah sebesar Rp1,35 miliar.

“Hingga Rabu pagi sudah ada kunjungan sebanyak 113.084 orang. Kami masih optimistis target kunjungan Lebaran bisa terpenuhi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement