Advertisement

Dispar DIY Akui Target Kunjungan Wisatawan Selama Libur Lebaran Meleset

Anisatul Umah
Jum'at, 28 April 2023 - 11:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Dispar DIY Akui Target Kunjungan Wisatawan Selama Libur Lebaran Meleset Petugas kepolisian berpatroli di Pantai Parangtritis pada libur Lebaran Rabu (26/4/2023). Dinas Pariwisata Bantul menyebut pendapatan dari sektor wisata selama 21-25 April mencapai Rp978 juta. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pariwisata (Dispar) DIY awalnya memperkirakan selama momen libur lebaran 2023 sebanyak 5,9 juta wisatawan yang akan berkunjung ke DIY. Kini, Dispar mengakui jika target kunjungan wisatawan meleset.

"Kami prediksi akan melimpah ruah, ternyata memang ini agak meleset. Nah kami masih terus menghitung jumlah wisatawan yang kunjungi destinasi di masing-masing Kabupaten/Kota," ungkap Kepala Dispar DIY, Singgih Raharjo, Kamis (27/4/2023).

Berdasarkan laporan dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) kepada Dispar, menurutnya belum sesuai dengan tidak ekspektasi. Fluktuasinya cukup bervariasi, pada H-3 dan H-2 landai. Lalu pada hari H dan H+1, H+2, H+3 terjadi peningkatan.

"Beberapa hotel ada yang 100 persen [okupansi] tapi gak semua. Kami sedang evaluasi fenomena ini. Apakah ada perubahan mendadak libur lebaran, sehingga sedikit mengacaukan penjadwalan mudik, tapi melihat antusiasme yang datang ke destinasi wisata saya rasa cukup bagus," paparnya.

Kepala BI DIY, Budiharto Setyawan berpandangan cuti bersama yang cukup panjang membuat masyarakat lebih bisa mengatur kedatangan. Dilihat dari jalanan Jogja, juga tidak semacet tahun lalu.

"Karena mungkin itu cuti bersama panjang, ada himbauan juga menunda kepulangan. Jadi length of stay di Jogja gak terlalu panjang jadi dua hari ganti lagi sama yang lain, gak sampai semua di momen yang sama," tuturnya.

Menurutnya jika kedatangan wisatawan di momen yang berbarengan, diperkirakan okupansi akan tinggi. "Kalau di momen yang sama okupansinya tinggi, mungkin seperti itu, jadi pilihannya masyarakat juga banyak," katanya.

Sebelumnya, PHRI DIY menyampaikan terjadi penurunan okupansi hotel pada libur Lebaran 2023. Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono mengatakan pada periode lebaran H-2 sampai H+3 tahun lalu capaiannya 75%, sementara tahun ini hanya 50%.

Pada H+4 sedikit mengalami peningkatan menjadi 75% rata-rata. Peningkatan lebih drastis terjadi di wilayah Tengah dan Utara hingga 90%. "Di DIY memang benar ada penurunan dibandingkan tahun lalu. Kami baru menganalisa penyebabnya ini. Pergeseran pilihan belum bisa kami pastikan itu," ucapnya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement