Advertisement

Antisipasi Gagal Panen, Dinas Pertanian Lakukan Ini Hadapi Musim Kemarau

Andreas Yuda Pramono
Sabtu, 29 April 2023 - 09:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Antisipasi Gagal Panen, Dinas Pertanian Lakukan Ini Hadapi Musim Kemarau Penanaman pohon di kompleks Yogyakarta International Airport, Kulonprogo pada 28 Oktober 2020.-Harian Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Kulonprogo akan meningkatkan pengamatan dan pengawasan lapangan menyambut musim kemarau. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kegagalan panen akibat kurangnya pasokan air.

Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo, Supomo mengatakan petugas POPT yang berada di lapangan akan lebih intensif mengamati situasi dan kondisi wilayah Kulonprogo.

Advertisement

“Sebagai langkah mitigasi mendekati kemarau panjang, maka pengamatan di lapangan akan kami intensifkan. Apabila benar terjadi kekurangan air, maka akan kami manfaatkan potensi air yang ada seperti sungai kecil atau sumur. Itu coba kami maksimalkan; dan kalau ada sumber mata air akan kami pompa,” kata Supomo ditemui di kantornya pada Jumat (28/4/2023).

Supomo menambahkan di wilayah pertanian tadah hujan telah tersedia sumur bor. Dengan demikian, sumur tersebut dapat dimanfaatkan sewaktu-waktu. DPP, katanya, siap menyambut musim kemarau khususnya terkait ketersediaan air untuk lahan pertanian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement