Advertisement

Teras Malioboro Disiapkan untuk Menaikkan Kelas UMKM DIY

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 02 Mei 2023 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Teras Malioboro Disiapkan untuk Menaikkan Kelas UMKM DIY Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi (kanan) dalam Talkshow Ngobrolin UMKM di Jogja Istimewa bertajuk Mewujudkan Teras Malioboro sebagai Etalase UMKM, Selasa (2/5/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Koperasi dan UKM DIY berupaya memamerkan dan memasarkan produk UMKM DIY melalui Teras Malioboro. Dengan begitu, diharapkan dapat mendukung UMKM DIY naik kelas. 

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi menyampaikan Teras Malioboro hadir untuk mewadahi pelaku UMKM yang sebelumnya berjualan di trotoar sepanjang Jalan Malioboro. 

Advertisement

“Pemda DIY memberikan tempat, ruang, untuk men-settle-kan mereka [pedagang di trotoar Jalan Malioboro] jadi satu kawasan di daerah Malioboro, di eks Bioskop Indra,” ucapnya dalam gelar wicara Ngobrolin UMKM di Jogja Istimewa bertajuk Mewujudkan Teras Malioboro sebagai Etalase UMKM di Kantor Dinas Koperasi dan UKM DIY, Selasa (2/5/2023). 

Diketahui, pedagang UMKM yang sebelumnya berjualan di trotoar tersebut telah direlokasi ke Teras Malioboro 1 dan 2. Teras Malioboro 1 telah menempati bangunan permanen yakni pada bangunan bekas Bioskop Indra di sisi selatan Kawasan Malioboro yang menampung 888 tenant, sementara sisanya menempati Teras Malioboro 2 yang masih menggunakan bangunan temporer di sisi utara DPRD DIY.

Sebagai upaya penataan Kawasan Malioboro, diproyeksikan Teras Malioboro 2 akan direlokasi ke sekitar Teras Malioboro 1. Bangunan untuk relokasi tersebut rencananya akan dibangun pada tahun depan. 

“Saat ini kami sedang penyiapan lahan dan bangunannya, karena masih ada 1.041 di Teras Malioboro 2 yang akan dipindahkan,” kata dia. 

Untuk menyiapkan gedung tersebut, Pemda DIY menyiapkan lahan dengan luas sekitar 5.000 meter persegi. Selain memberikan wadah bagi pelaku UMKM DIY untuk mempromosikan produknya, Dinas Koperasi dan UKM DIY juga memberikan pendampingan bagi pelaku UMKM yang berada di Teras Malioboro.

Bimbingan yang diberikan antara lain terkait dengan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) pelaku UMKM, pengemasan produknya, kelembagaan atau legalitas usaha, tata kelola keuangan, strategi pemasaran, serta upaya untuk memasarkan produk secara online dan offline. 

Siwi menyampaikan untuk mendukung penjualan tersebut, Pemda DIY mewadahi dengan adanya program free ongkir bagi pelaku UMKM yang terdaftar di Sibakul. Dengan program tersebut, produk UMKM dapat dikirim ke pembeli tanpa biaya kirim. 

Menurutnya Kawasan Malioboro telah menjadi ikon bagi wisata di DIY. Menurutnya mayoritas wisatawan apabila berkunjung ke DIY akan menyempatkan diri untuk berkunjung ke Kawasan Malioboro. Karena itu, diharapkan Teras Malioboro dapat menjadi tujuan kunjungan wisata belanja bagi wisatawan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement