Advertisement

Tahun Ini Sektor Pariwisata di Gunungkidul Akan Semakin Moncer, Benarkah?

David Kurniawan
Kamis, 04 Mei 2023 - 17:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Tahun Ini Sektor Pariwisata di Gunungkidul Akan Semakin Moncer, Benarkah? Antrean kendaraan terlihat mengular di kawasan Perempatan Selang, Wonosari yang menjadi salah satu jalur meuju pantai dari sisi utara Gunungkidul. Senin (24/4/2023) - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengapresiasi pelaksanaan libur Lebaran di tahun ini. Target wisatawan yang melampaui target menambah keyakinan bahwa pariwisata di Gunungkidul akan semakin moncer.

“Saya sudah mendapatkan laporan penyelenggaraan wisata selama libur Lebaran yang berjalan dengan aman dan lancar,” kata Sunaryanta kepada wartawan, Kamis (4/5/2023).

Advertisement

BACA JUGA: Hujan di Awal Musim Kemarau, Petani di Gunungkidul Diminta Tak Terkecoh

Dia menjelaskan, ada peningkatan kunjungan wisata yang sangat signifikan ke Bumi Handayani. Sebagai gambaran, penyelenggaraan libur Lebaran di 2022 ada kunjungan sebanyak 154.403 orang. Adapun kunjungan di tahun ini mencapai 217.490 orang telah memadati destinasi wisata di Gunungkidul.

“Tentunya dengan kunjungan yang semakin banyak berdampak terhadap bertambahnya Pendapatan Asli Daerah yang dimiliki, khususnya dari sektor retribusi masuk kawasan wisata,” katanya.

Sunaryanta mengungkapkan, pencapaian kunjungan wisata di Gunungkidul selama libur Lebaran yang melampaui target semakin menambah keyakinan perkembangan wisata di Gunungkidul bakal semain baik. Perkembangan ini tak lepas adanya program infrastruktur yang telah selesai.

Ia mencontohkan, Jalur Jalan Lintas Selatan sudah dibuka, meski masih ada ruas yang dikerjakan, tapi sudah berdampak signifikan terhadap kelancaran arus kunjungan, khususnya di kawasan pantai Gunungkidul. Hal yang sama juga terlihat pada pembangunan exit tol di kawasan Prambanan, Sleman yang ditarget selesai di akhir tahun ini akan memberikan kemudahan akses bagi wisatawan ke Gunungkidul.

“Ada juga pembangunan jalan Gunungkidul-Sleman. Tentunya, kami juga akan mengimbangi dengan perbaikan infrastruktur untuk menunjang di sektor kepariwisataan,” katanya.

Selain penyiapan infrastruktur, Bupati juga menekankan pentingnya pengelolaan dan pembukaan destinasi wisata baru. Upaya ini telah dilakukan dengan adanya berbagai objek baru, khususnya di kawasan utara Gunungkidul.

“Destinasi baru yang dibuka sudah didatangi pengunjung saat libur Lebaran. Untuk mengoptimalkan pengembangan wisata, tentunya kami akan menggencarkan promosi,” katanya.

BACA JUGA: Waspada! Hingga Mei Ini, Kasus Lepstospirosis di Gunungkidul Melebihi Kasus Tahun 2022

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan, tidak ada penumpukan kendaraan di jalur wisata di Gunungkidul selama libur Lebaran. Hal ini tak lepas dibukanya JJLS sehingga akses lebih mudah karena pilihan pintu masuk lebih destinasi pantai menjadi lebih banyak.

“JJLS sangat membantu dalam memberikan kemudahan akses kunjungan wisatawan di pantai Gunungkidul,” katanya.

Hary berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu pengamanan dan kelancaran selama liburan berlangsung. Pasalnya, dengan adanya sinergitas dan kolaborasi yang baik pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar dan aman.

“Memang sempat ada antrean masuk ke pantai Gunungkidul, tapi tidak sampai membuat macet,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement