Advertisement

Santap Menu Makanan Sehat, Puluhan Siswa di Bantul Malah Keracunan, Begini Kronologinya

Ujang Hasanudin
Rabu, 10 Mei 2023 - 19:02 WIB
Budi Cahyana
Santap Menu Makanan Sehat, Puluhan Siswa di Bantul Malah Keracunan, Begini Kronologinya Petugas medis dari Puskesmas Imogiri I memeriksa sejumlah siswa yang keracunan makanan di salah satu MI di Imogiri, Bantul, Selasa (9/5/2023) lalu. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Puluhan siswa salah satu madrasah ibtidaiyah (MI) di Wukirsari, Imogiri, Bantul, keracunan, setelah menyantap makanan sehat, Selasa (9/5/2023).

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, mengatakan keracunan massal tersebut terjadi pada jam istirahat sekolah sekitar pukul 09.45 WIB.

Advertisement

Saat itu guru membagikan menu makan sehat berupa nasi goreng lauk sosis, risoles, roti kukus, agar-agar dan minuman kemasan rasa jambu ke seluruh siswa kelas 5B yang berjumlah 26 anak.

BACA JUGA: Indomie Ayam Spesial Dinyatakan Aman di Malaysia

Menurut Jeffry, pembagian makanan tersebut merupakan salah satu program penyediaan makanan sehat bagi siswa. “Makanan sehat tersebut berasal dari wali murid siswa kelas yang rutin diadakan secara bergantian setiap harinya. Makanan dibagikan kepada siswa siswi setiap jam istirahat pertama yaitu pukul 09.20 WIB,” katanya melalui siaran tertulis, Rabu (10/5).

Kemudian sekitar pukul 09.45 WIB secara bersamaan siswa-siswi mengalami gejala pusing, perut mual dan muntah, serta tubuh panas dingin. Kepala sekolah setempat berkordinasi dengan Dinas Kesehatan Bantul dan Puskesmas I Imogiri guna mendapatkan pertolongan medis.

Hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Puskesmas I Imogiri menyimpulkan 22 siswa dapat diobati di sekolah. “Sementara empat siswa harus dibawa ke Puskesmas I Imogiri guna penanganan lebih lanjut,” ujarnya.

Sekitar pukul 14.00 WIB, siswa yang semula ditangani Puskesmas I Imogiri sudah diperbolehkan pulang ke rumah masing masing. Puskesmas Imogiri I juga telah mengirim sampel makanan untuk di lakukan uji laboratorium di Balai Laboratorium Kesehatan DIY untuk memastikan kandungan makanan yang diduga menjadi penyebab siswa siswi keracunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Iran Bantah Penyebab Hancurnya Gedung Pembangkit Listrik Israel

News
| Jum'at, 19 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement