Advertisement

Daftar Bacaleg ke KPU, PDIP Bantul Yakin Menang di Pemilu 2024

Yosef Leon
Kamis, 11 Mei 2023 - 12:47 WIB
Jumali
Daftar Bacaleg ke KPU, PDIP Bantul Yakin Menang di Pemilu 2024 Suasana proses pendaftaran bacaleg oleh DPC PDIP Bantul yang dilakukan dengan pawai budaya, Kamis (11/5/2023) - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—DPC PDIP Bantul mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) yang akan bertarung di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 mendatang Kamis (11/5/2023) di kantor KPU setempat. PDIP Bantul menjadi partai kedua yang mendaftarkan bacaleg setelah sehari sebelumnya dilakukan PKS.

BACA JUGA: PDIP Bantul akan Daftarkan Calegnya dengan Berjalan Kaki

Advertisement

Proses pendaftaran bacaleg itu diawali dengan pawai budaya dari perempatan Gose ke kantor KPU Bantul. Iring-iringan pasukan bergodo di barisan depan diikuti oleh jajaran pengurus partai dari tingkat cabang dan ranting dan juga para bacaleg dengan berjalan kaki mengenakan pakaian serba merah.

Ketua DPC PDIP Bantul Joko Purnomo mengatakan, pendaftaran bacaleg itu dilakukan serentak dari berbagai tingkatan di seluruh Indonesia. Pihaknya sengaja memilih proses pendaftaran dengan pawai budaya untuk menunjukkan solidnya massa partai sampai ke akar rumput.

"Memang kita kemas dengan berjalan kaki bersama dan pawai budaya sebagai bentuk keistimewaan Jogja," katanya.

Dalam proses pendaftaran itu pihaknya turut menyerahkan model b pengajuan parpol sebanyak 45 bacaleg Bantul dengan lampiran daftar bacaleg serta surat keputusan partai. Dari 45 bacaleg yang mendaftar itu 11 orang di antaranya merupakan inkumben atau yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Bantul.

"Kami target 22 kursi atau dua kali lipat dari perolehan 2019 lalu. Harapan kita kalau kursi banyak memperjuangkan aspirasi masyarakat itu lebih gampang," imbuhnya.

Joko optimistis bahwa target itu ke depan akan tercapai. Pihaknya bersama jajaran pengurus paling bawah sudah berkonsolidasi untuk kembali memenangkan Pemilu 2024 mendatang.

"Yakin dan optimistis, sejak Pemilu 1999 PDIP Kabupaten Bantul selalu menang Pemilu," jelasnya.

Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho menyebutkan, setelah penyerahan resmi berkas calon itu pihaknya akan memeriksa kelengkapan dari dokumen yang diserahkan itu. Kebenaran dan keabsahan dokumen akan diverifikasi pada saat verifikasi administrasi di 15 Mei sampai 23 Juni mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan IKN, Jokowi: Jangan Membayangkan Upacara 17 Agustus Sudah Jadi Semuanya

News
| Rabu, 17 Juli 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Shoulder Season, Periode Berwisata Antiribet

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement