Advertisement

Ganti Rugi Tol Jogja Solo Cair: Rp136 Miliar Digelontorkan ke Tegalrejo Tamanmartani, Puluhan Orang Jadi Miliarder

Catur Dwi Janati
Minggu, 14 Mei 2023 - 08:17 WIB
Sunartono
Ganti Rugi Tol Jogja Solo Cair: Rp136 Miliar Digelontorkan ke Tegalrejo Tamanmartani, Puluhan Orang Jadi Miliarder Konstruksi Tol Jogja Solo di wilayah Delanggu, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (1/4/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pencarian ganti rugi lahan terdampak pembangunan jalan tol Jogja Solo untuk ruas Klaten-Purwomartani mulai dicairkan. Sebanyak Rp136 miliar uang digelontorkan ke Dusun Tegalrejo, Tamanmartani, Kalasan, Sleman. Puluhan kepala keluarga pun menjadi miliarder alias kaya mendadak.

Paling kecil warga memperoleh ganti rugi sebesar Rp1 miliar, bahkan ada yang mencaoai Rp18 miliar.  Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto memantau langsung proses pembayaran ganti rugi ini. Dia menjelaskan jumlah bidang yang terkena proyek tol Jogja-Solo di seksi satu ini mencapai 104 bidang yang dibayarkan kepada 84 kepala keluarga.

Advertisement

BACA JUGA : Tol Jogja Solo Ruas Kartasura-Purwomartani Segera Tersambung

"Seluruh unsur yang terlibat dalam proses pembayaran [uang ganti rugi tol Jogja-Solo] sudah hadir semua di sini, temasuk masyarakat juga di tempat ini," katanya, Kamis (11/5/2023).

Masyarakat telah diberikan sosialisasi agar memakai uang ganti rugi tol Jogja-Solo harus dimanfaatkan untuk membeli rumah maupun perkarangan atau sawah. "Jumlah anggaran yang disalurkan [di Tegalrejo Tamanmartani] sebanyak Rp136 miliar," katanya. 

Kisaran ganti rugi yang diperoleh warga Tamanmartani bervariasi. Ada warga yang mendapat Rp18 miliar, ada 11 miliar, Rp5,7 Miliar dan yang paling kecil sekitar Rp1 miliar.

"Paling kecil yang tadi saya tanya itu sekitar Rp1 miliar. Itu pun mereka merasa bahwa ganti ini menjadi ganti untung bukan ganti rugi. Karena setelah dikalkulasi dulu kalau dijual tanpa dari proyek, itu mungkin tidak sebesar ini. Masyarakat senang, tidak merasa dirugikan," ujarnya.

BACA JUGA : Gambaran Tol Jogja Solo Ruas Purwomartani-Trihanggo, Sisi Selatan

Ia berharap proses pembayaran ini mempercepat proyek pembangunan jalan tol yang tengah dibangun. "Semuanya lancar tanpa ada masalah, mudah-mudahan proses ini juga akan mempercepat proyek yang sedang dibangun antara tol Jogja-Solo," ujarnya.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo berpesan kepada masyarakat untuk menggunakan uang tersebut membeli tanah maupun rumah apabila jika hunian menjadi terdampak tol Jogja-Solo. Ia mengimbau masyarakat untuk tidak konsumtif menggunakan uang tersebut.

"Jangan sampai konsumtif membeli yang tidak harus karena kedepan masyarakat masih membutuhkannya lagi," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement