Advertisement

PKB Sleman Setorkan Bakal Caleg ke KPU, Ada Kalangan NU hingga Seniman

Catur Dwi Janati
Minggu, 14 Mei 2023 - 07:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
PKB Sleman Setorkan Bakal Caleg ke KPU, Ada Kalangan NU hingga Seniman PKB. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyetorkan nama bakal calon legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman, Sabtu (13/5/2023). 

Rombongan PKB datang dengan mengenakan kemeja putih, rombongan kader PKB berduyun-duyun memasuki kantor KPU Sleman. Beberapa di antaranya menenteng papan bergambar logo PKB juga wajah sang Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar.

Advertisement

Ketua DPC PKB Sleman, R. Agus Choliq menargetkan sembilan kursi di kontestasi pileg berikutnya. Ekspansi kursi ini naik 50 persen dari capaian kursi dewan yang diperoleh PKB saat ini. Sebanyak 50 nama bacaleg PKB Sleman didaftarkan ke KPU. Calon-calon anggota legislatif tersebut disebut Agus telah melewati seleksi uji kompetensi dan kelayakan.

"Yang mendaftar dari PKB itu banyak, ada 65 orang pendaftar yang masuk. Sehingga kami harus seleksi karena maksimal yang kita daftarkan ke KPU adalah 50 orang," ungkapnya.

Dari proses seleksi, beragam bacaleg dengan berbagai latar belakang diajukan PKB Sleman. Salah satunya dari kalangan NU. Sejumlah bacaleg dari kalangan NU diboyong PKB Sleman untuk pileg mendatang. Beberapa di antaranya ada nama Muhammad Alfoe Niam (Wakil Ketua PCNU Kabupaten Sleman). Ada juga nama Wiratno (Wakil Sekretaris PCNU), Muhammad Syafii Masykur (LBM NU Sleman) dan Muhammad Fauzi (Ketua Ranting NU Maguwoharjo).

Baca juga: Gambaran Tol Jogja Solo Ruas Purwomartani-Trihanggo, Sisi Selatan View Kota Jogja dan Utara Merapi

Dari kader Muslimat NU ada nama Puri Wiyanti. Dari Banser ada nama Khoiru Soleh didaftarkan sebagai bacaleg. Maulidah Nafiah dan Nurul Ngizati dari Fatayat, Maimun Afifi dan Ahmad Dimyati dari IPNU hingga Misbahun Fandi dan Ainur Rosyid dari PMII juga diusung PKB untuk pileg mendatang.

"Kami PKB yang paling tidak membawa aspirasi NU itu tidak lupa di situ calon-calon dari NU banyak, ada yang dari aktivis dari Ansor, ada yang aktivis di NU, ada yang aktivis di Muslimat itu juga ada," ujarnya.

Tidak hanya mengusung bacaleg dari kalangan NU, Agus menerangkan ada seniman, olahragawan hingga mantan lurah yang merapat di kubu PKB. Di antaranya ada nama Herman Budi Pramono yang merupakan mantan Lurah Trihanggo dan Ganifo Sugihartono yang merupakan mantan Lurah Sidoarum.

"Kami berharap untuk pemilu 2024 ini menargetkan sembilan kursi dari 50 kursi disediakan dari Kabupaten Sleman," ungkapnya. 

Mematok sembilan perolehan kursi di pileg berikutnya, PKB Sleman tentu berangkat dengan sejumlah amunisi strategi. Struktur pengurusan yang lengkap jadi salah satu senjata PKB Sleman untuk memenangi pileg berikutnya.

"Strategi kita, kami melengkapi struktur organisasi. Organisasi yang mungkin lima tahun yang lalu kita tidak mempunyai jajaran kepengurusan lengkap sampai di tingkat bawah, di tingkat ranting, insyallah pada saat ini kami sudah siap," ujarnya.

Dalam perekrutannya PKB Sleman juga membawa bacaleg yang betul-betul mau membesarkan partai. "Yang ketiga kita harmonisasi atau akselerasi dari teman-teman organisasi yang lain yang bisa kita ajak untuk bareng-bareng membesarkan PKB," tuturnya.

Dari enam caleg petahana di PKB Sleman, tiga di antaranya akan kembali bertanding di pileg mendatang. Sementara dua lainnya digotong ke pileg tingkat provinsi. "Posisi perolehan kursi pada saat ini kita memperoleh enam kursi dengan suara kurang lebih 72.000 sehingga paling tidak target kita besok 100.000-an yang bisa kita upayakan untuk mendapatkan sembilan kursi," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement