Advertisement

Begini Strategi Parpol di Bantul Meraih Target di Pileg 2024

Yosef Leon
Senin, 15 Mei 2023 - 14:47 WIB
Arief Junianto
Begini Strategi Parpol di Bantul Meraih Target di Pileg 2024 Bendera partai politik. - Solopos/Maulana Surya

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Sejumlah partai politik (parpol) di Bantul punya strategi masing-masing dalam menggaet massa untuk dukungan dalam Pemilu 2024 mendatang.

Target tinggi dipasang parpol untuk mendulang suara serta mendudukkan calon legislatif di DPRD setempat. 

Advertisement

Ketua Gerindra Bantul Nur Subiyantoro mengatakan pihaknya memberikan kebebasan kepada para caleg untuk menarik simpati dari konstituen.

Pasalnya enam daerah pemilihan (dapil) yang ada di Bantul tentu punya karakteristik dan budaya masing-masing yang berbeda-beda pula. 

"Kalau strategi kan pasti berbeda karena sesuai dengan karakteristik masyarakat, ada enam dapil kan di Bantul dan masing-masing beda atau desa mawa cara, negara mawa tata" kata dia, Senin (15/5/2023). 

Hanya saja yang pasti pergerakan untuk penggalangan massa sudah dilakukan sejak jauh hari.

Pergerakan bacaleg terus dilakukan untuk menarik suara masyarakat Bantul. Misalnya saja bacaleg inkumben yang masih tetap menjaga hubungan dengan konstituen masing-masing. Begitu pula dengan bacaleg pendatang baru yang mulai gencar berkonsolidasi. 

"Bacaleg yang inkumben tetap jaga konstituen yang sudah dibina selama ini, komunikasi dijaga sering diperhatikan agar tidak lari ke caleg lain. Caleg pendatang baru ya segera melakukan konsolidasi baru dan membangun jaringan untuk mencari masa dan dukungan pada Pileg 2024 nanti," ujarnya. 

Sementara Ketua DPD Golkar Bantul, Paidi mengatakan pihaknya lebih menjual program dan kebutuhan masyarakat untuk mendulang suara pada Pemilu 2023 nanti.

Masing-masing bacaleg kata dia sudah menginventarisasi masalah di masing-masing dapil untuk kemudian ditawarkan solusinya kepada masyarakat. 

"Kami langsung terjun ke masyarakat, kerja dengan program dan inventarisasi program atau kebutuhan masyarakat yang diperlukan apa, itu kami berikan sehingga nanti simpati masyarakat ada. Intinya ingin membangun daerah masing-masing," ujarnya. 

Pihaknya optimistis bahwa jaringan yang dibentuk selama ini di akar rumput bisa diandalkan untuk meraih target sembilan kursi DPRD pada Pileg 2024 nanti. Komunikasi pun dijalin secara terus menerus untuk menjaga dan mempertahankan solidnya suara Golkar. 

"Jaringan sangat banyak baik itu dari petani, anak muda dan nelayan jadi kami yakin dan optimistis sembilan kursi itu bukan target yang susah diraih," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement