Advertisement

Pemkab Sleman Dapat Tambahan Ribuan Dosis Vaksin LSD

Lugas Subarkah
Senin, 22 Mei 2023 - 22:17 WIB
Arief Junianto
Pemkab Sleman Dapat Tambahan Ribuan Dosis Vaksin LSD Ilustrasi vaksinasi ternak sapi perah di Sleman untuk menghentikan dan mengendalikan penyebaran virus LSD. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman telah mendapatkan tambahan vaksin Lumpy Skin Disease (LSD) dari Pemda DIY. Vaksin tambahan ini langsung didistribusikan ke sejumlah puskeswan di wilayah Sleman.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman, Suparmono, menjelaskan per 16 Mei 2023, LSD telah menyebar di 17 Kapanewon dengan total jumlah kasus sebanyak 2.908 kasus. "Dari jumlah tersebut, kasus aktif sebanyak 2.168 ekor, sudah sembuh 653 ekor, potong paksa 33 ekor dan mati 54 ekor," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (22/5/2023).

Advertisement

Upaya vaksinasi pada ternak yang masih sehat untuk menekan penyebaran LSD telah dilakukan sejak Januari 2023 lalu sebanyak 2.200 dosis. "Karena kuota vaksin LSD yang diterima hanya 2.200 dosis maka belum bisa mencegah penularan dan penyebaran penyakit LSD," katanya.

Kemudian vaksin tambahan diterima Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman pada Senin (15/5/2023) lalu sebanyak 1.000 dosis. Sehari setelahnya, pihaknya langsung mendistribusikan vaksin tersebut ke sejumlah puskeswan. "Puskeswan Pakem 150 dosis, Sleman dan Mlati 300 dosis, Ngaglik 150 dosis, Ngemplak 100 dosis, Gamping 100 dosis, Turi 70 dosis dan Cangkringan 130 dosis.  Sedangkan wilayah Kapanewon yang lain belum bisa dilaksanakan vaksinasi," katanya.

BACA JUGA: Kasus LSD di Bantul Terus Merebak, Hampir 200 Kasus

Adapun upaya pengobatan untuk ternak yang sakit yakni dengan pemberian vitamin, anti radang, antihistamin, dan antibiotik. Untuk ternak yang masih sehat dilakukan vaksinasi, dan penyemprotan kandang secara rutin tetap dilakukan untuk desinfeksi kandang.

"Kami tetap berupaya memotivasi para peternak untuk tetap semangat dalam berusaha ternaknya walaupun banyak kendala dengan adanya beberapa penyakit yang menyerang, sembari  tetap berharap kepada Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian untuk mendapatkan dropping vaksin LSD yang cukup," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement