Advertisement

Pembangunan Pasar Sentul Masuk Tahap Land Clearing, Pedagang: Kian Cepat Makin Baik

Media Digital
Selasa, 23 Mei 2023 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Pembangunan Pasar Sentul Masuk Tahap Land Clearing, Pedagang: Kian Cepat Makin Baik Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Sentul Budi Kusuma saat meninjau proses land clearing Pasar Sentul yang tengah direnovasi, Selasa (23/5/2023). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pembangunan Pasar Sentul tengah memasuki tahap land clearing atau pembersihan lahan dengan merobohkan semua bangunan untuk dibangun ulang nantinya. Paguyuban Pedagang Pasar Sentul menilai semua tahapan sesuai rencana yang telah disepakati bersama.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Sentul, Budi Kusuma menjelaskan pembangunan Pasar Sentul akan mulai dilakukan 1 Juni mendatang. “Groundbreaking-nya 1 Juni, sesuai rencana dan kami sangat mendukung sepenuhnya renovasi ini,” ujarnya.

Advertisement

Pembangunan Pasar Sentul, kata Kusuma, sejauh ini sudah sesuai dengan kehendak para pedagang. “Semuanya untuk kesejahteraan pedagang sendiri tentu kami dukung, rencananya juga bagus dimana dibangun tiga lantai jadi semua pedagang akan terakomodasi dengan baik,” katanya.

BACA JUGA: Pedagang Pasar Sentul Sudah Mulai Pindah ke Selter

Budi menyebut Pasar Sentul pertama kali dibangun pada 1985. “Renovasi ini memang diperlukan karena memang sudah tidak layak kondisi sebelumnya, banyak yang bocor, ada pedagang yang berjualan di luar, fasilitas juga terbatas seperti mushola yang sempit dan sanitasi yang sering gangguan. Harapannya masalah-masalah itu terselesaikan dengan renovasi ini,” jelasnya.

Selain renovasi, Budi juga berharap ada penataan pedagang. “Jadi ada semacam zonasi kami harap, misalnya untuk sayur di mana, makanan di mana, sembako mana semuanya tertata rapi, tidak seperti sebelumnya,” terangnya.

Soal kapasitas Pasar Sentul, lanjut Budi, juga sudah sangat cukup lantaran bisa menampung 700-an pedagang setelah nantinya direnovasi.

“Kapasitasnya kami liat lebih dari cukup, sekitar 700 pedagang dapat difasilitasi, sementara ini total pedagang di Pasar Sentul sekitar 500an, nanti kami harap pedagang yang berjualan di pinggir jalan ini juga tertib masuk ke dalam pasar,” tuturnya.

Sementara ini para pedagang berjualan di selter sementara yang berada di Jl. Babaran. “Kondisi selter smentara juga sangat baik, fasilitas lengkap, kami penginnya semakin cepat pembangunan semakin baik agar segera pindah lagi,” ucapnya.

Menurut Budi, pedagang mulai dapat berjualan lagi di Pasar Sentul pada 1 Januari 2024 mendatang. “Tentu kami dapat menunggu dengan sabar, sejak awal juga mendukung renovasi ini maka harus menunggu juga,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal dan Tarif Bus Damri Tujuan Wisata Pantai di Bantul dan Gunungkidul

News
| Minggu, 21 Juli 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement