Advertisement

Hindari Gagal Panen, Petani di Lahan Rawan Kekeringan Diminta Tanam Palawija

Ujang Hasanudin
Selasa, 23 Mei 2023 - 17:27 WIB
Arief Junianto
Hindari Gagal Panen, Petani di Lahan Rawan Kekeringan Diminta Tanam Palawija Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemkab Bantul melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bantul mengimbau para petani khususnya petani di wilayah yang rawan kekeringan untuk tidak memaksakan diri menanam padi pada musim tanam ketiga tahun ini. Mereka diminta mengantinya dengan tanaman palawija yang membutuhkan sedikit air.

“Ini dalam rangka untuk mengantisipasi gagal panen karena ketersediaan air kurang. Tetapi kalau ketersediaan airnya cukup sih tidak masalah untuk menanam padi,” kata Kepala DKPP Bantul, Joko Waluyo, Selasa (23/5/2023).

Advertisement

Joko mengatakan ada sejumlah wilayah yang rawan kekeringan, di antaranya di kapanewon Dlingo, Piyungan, Pundong, Imogiri, dan Pajangan. Wilayah-wilayah tersebut merupakan area perbukitan yang sebagian lahan pertanian mengandalkan air tadah hujan.

BACA JUGA: Masuk Kemarau, BPBD Bantul: Belum Ada Warga Minta Dropping Air

Pihaknya sudah meminta kepada para petani di wilayah rawan tersebut untuk melakukan berbagai upaya antisipasi, di antaranya dengan mulai mengganti komoditas padi menjadi tanaman cenderung lebih sedikit membutuhkan air.

“Menghadapi musim kemarau ini kami sudah meminta para petani di wilayah sulit air agar mulai beralih ke komoditas lokalitas. Seperti jagung atau kedelai yang membutuhkan sedikit air,” ujarnya.

Menurutnya, para petani sejatinya juga telah memiliki jadwal tersendiri untuk masa tanam. Sehingga ketika musim hujan telah berakhir, maka tanpa perlu diingatkan para petani akan mulai mengganti tanamannya ke palawija.

Untuk membantu pengairan di wilayah yang jauh dari irigasi, DKPP juga sudah membagikan pompa air kepada masing-masing kelompok tani.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Lestari Mulyo di Dusun Nawungan, Kalurahan Selopamioro, Kapanewon Imogiri, Bantul, Juwari mengatakan meski wilayahnya merupakan perbukitan namun ketersediaan air masih cukup karena tiap petani sudah membuat embung yang menampung air hujan.

“Setiap lahan di Nawungan itu ada embung penampungan air hujan. Kalau kami data itu ada ratusan embung yang setiap embungnya berkapasitas 60 meter kubik,” katanya.

Pembuatan embung di wilayah Nawungan diakui Juwari karena wilayah Nawungan sudah langganan menanam bawang merah dan padi yang membutuhkan banyak air. Bahkan Nawungan sudah dijadikan sebagai sentra bawang merah organik.

Namun demikian, Juwari tidak menampik ada juga embung-embung yang kering di musim kemarau ini karena airnya sudah digunakan sejak beberapa waktu lalu. Untuk embung yang kering biasanya akan menyewa sumur bor dengan harga sewa per jamnya Rp22.500. ketersediaan sumur bor di Nawungan ada empat unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Badan Geologi Menyebut Ketinggian Tsunami Akibat Erupsi Gunung Ruang Diprediksi hingga 25 Meter

News
| Kamis, 18 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement