Advertisement

Berdiri di atas Tanah Kas Desa, Resto di Gunungkidul Dibongkar Pemilik

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 26 Mei 2023 - 11:07 WIB
Maya Herawati
Berdiri di atas Tanah Kas Desa, Resto di Gunungkidul Dibongkar Pemilik Ilustrasi tanah kas desa - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Berdiri di atas tanah kas desa (TKD), CV Doeloe penanggungjawab Doeloe Resto Garden di Girisekar, Panggang, Gunungkidul membongkar sendiri bangunan yang ditempatinya. 

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DIY menyampaikan bangunan yang ada di resto tersebut telah dibongkar sendiri oleh penanggung jawabnya.

Advertisement

Ketika perobohan bangunan yang mereka lakukan sendiri, pengawasan dilakukan pihak Kalurahan Girisekar, Kapanewon Panggang, dan Satpol PP Gunungkidul,” katanya, Kamis (25/5/2023). 

Dia menyampaikan selama ini resto tersebut berdiri di atas tanah kas desa seluas 1.750 meter persegi tanpa izin. Sebelumnya menurut Noviar, Satpol PP telah memanggil pihak yang bersangkutan agar melakukan penghentian operasional. Dengan pembongkaran tersebut, menurut Noviar selanjutnya dia akan menyampaikan laporan tersebut kepada Gubernur DIY, Sri Sultan HB X. 

BACA JUGA: Bupati Klaten Gembira Ada 4 Exit Tol Jogja-Solo, Cek Mana Saja

“Selanjutnya terserah kebijakan Gubernur akan menempuh proses hukum atau ada sanksi administrasi lainnya. Dan biasanya memang akan dihitung dulu kerugiannya,” katanya.  

Selain itu, menurut Noviar, tanah kas desa di Maguwoharjo seluas 18.000 meter persegi yang digunakan sebagai agrowisata dan resto yang juga tidak berizin juga telah dihentikan kegiatan operasionalnya. 

“Dalam kasus semacam ini, harusnya lurah selaku pihak yang diberikan hak anggaduh terhadap aset desa, harusnya bisa mengawasi penggunaan tanah kas desa di wilayahnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement