Advertisement

Tol Jogja Solo Ruas Purwomartani-Trihanggo Dilengkapi 4 On Ramp & Off Ramp, Ini Fungsinya

Sunartono
Jum'at, 26 Mei 2023 - 11:37 WIB
Sunartono
Tol Jogja Solo Ruas Purwomartani-Trihanggo Dilengkapi 4 On Ramp & Off Ramp, Ini Fungsinya Alat berat sedang mengerjalan proyek Tol Jogja Solo. Ruas Purwomartani-Trihanggo menjadi proyek terakhir akan dikerjakan, ruas ini memiliki setidaknya empat on ramp dan off ramp. - JIBI/Bisnis.com/Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tol Jogja Solo ruas Purwomartani-Trihanggo atau sepanjang Ringroad utara Jogja akan dilengkapi empat titik on ramp dan off ramp. Keberadaan akses keluar masuk ini akan memberikan keuntungan tersendiri meski aka nada banyak dampak salah satunya bakal terjadi kemacetan.

Ruas Purwomartani-Trihanggo disebut dengan istilah tol dalam kota karena melewati Kawasan metropolitan, perkotaan dengan padat penduduk serta pusat perekonomian di Kawasan, Depok dan Mlati, Sleman. Oleh karena itulah ruas sepanjang 8,75 kilometer ini dibangun paling terakhir. Setelah semua ruas tol di Jogja, baik Jogja Solo, Jogja YIA dan Jogja Bawen rampung seluruhnya.

Advertisement

BACA JUGA : Simpang Susun Purwomartani Tol Jogja Solo Bisa Terkoneksi

Menariknya meski haya 8,75 kilometer ruas ini memiliki empat pintu keluar dan masuk atau dikenal dengan on ramp dan off ramp.

On Ramp merupakan jalan penghubung antara jalan konvensional untuk masuk ke jalan utama tol, sedangkan off ramp merupakan akses penghubung antara jalan utama tol untuk keluar menuju jalan konvensional. Nanti di keempat on/off ramp di ruas Purwomartani-Trihanggo ini belum diketahui apakah ada gerbang untuk tapping kartu tol  atau tidak karena tergantung system pengoperasian jalan tol tesebut, apakah terbuka atau tertutup.

Berdasarkan peta trase yang diperoleh Harianjogja.com, ada empat akses keluar masuk jalan tol yang berada di sepanjang ringroad utara, Depok, Sleman. Terdiri atas, pertama on/off ramp di kawasan Maguwoharjo yang berdasarkan peta tampak titiknya berada di sebelah utara ringroad tepatnya di Kawasan Sanggrahan sebelah barat SMK 1 N Depok. Akses ini sangat memungkinkan untuk terhubung langsung dengan ringroad timur, Jalan Solo dan Jalan Tajem.

Kedua, on/off ramp UPN, berdasarkan titik petanya berada di sebelah utara ringroad atau sebelah barat Jalan Nusa Indah. Akses keluar masuk tol ini nantinya akan terkoneksi dengan ringroad dan jalan Nusa Indah.

BACA JUGA : Tol Jogja Solo Ruas Kartasura-Purwomartani Rampung

Ketiga on/off ramp Monjali yang berada di sebelah utara ringroad. Adapun titiknya kemungkinan berada di tengah-tengah antara Jalan Palagan dan Jalan Kaliurang. Akses ini secara otomatis akan terkoneksi dengan ringroad serta kedua jalan tersebut. Jika tol sudah beroperasi, wisatawan dari luar DIY yang lewat tol dan akan menuju ke Kawasan wisata Kaliurang bisa langsung melewati jalur ini.

Keempat on/off ramp Trihanggo yang berada di simpang empat Trihanggo. Titiknya berada di sebelah utara rongroad. Akses ini selain terkoneksi langsung dengan ringroad, juga terhubung dengan Jalan Kabupaten. Titik on off ini berada di sebelah timur Junction Sleman yang merupakan titik persimpangan antara tol Jogja-Bawen, Jogja-Solo dan Jogja-YIA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan IKN, Jokowi: Jangan Membayangkan Upacara 17 Agustus Sudah Jadi Semuanya

News
| Rabu, 17 Juli 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Shoulder Season, Periode Berwisata Antiribet

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement