Advertisement

Cerita Kapolres Kulonprogo AKBP Nunuk Setiyowati, Tertarik Jadi Polisi Usai Lihat Polwan Amankan Karnaval

Andreas Yuda Pramono
Sabtu, 27 Mei 2023 - 15:47 WIB
Sunartono
Cerita Kapolres Kulonprogo AKBP Nunuk Setiyowati, Tertarik Jadi Polisi Usai Lihat Polwan Amankan Karnaval Kapolres Kulonprogo, AKBP Nunuk Setyowati (tengah) memimpin operasi ketupat progo 2023 beberapa waktu lalu. - Istimewa/Polres Kulonprogo.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kulonprogo, AKBP Nunuk Setiyowati menjadi kapolres wanita kedua setelah AKBP Muharomah Fajarini. Nunuk yang lahir di Temanggung 46 tahun silam memang bercita-cita menjadi polisi sejak kecil.

"Waktu itu memang saya ingin menjadi Kowabri [Korps Wanita Angkatan Bersenjata Republik Indonesia]. Karena memang Bapak saya merupakan TNI AD," kata Nunuk ditemui di kantornya pada Selasa (23/5/2023).

Advertisement

Selain karena orang tuanya, Nunuk mengaku semakin tertarik menjadi polisi, karena ketika itu di depan rumahnya terdapat Polwan yang mengamankan suatu karnaval. Dalam bayangannya, Polwan yang melakukan pengamanan di suatu karnaval gagah dan humanis.

BACA JUGA : Pemkab dan Polres Kulonprogo Layani Masyarakat dengan Hati

Tepatnya pada tahun 1995, Nunuk yang berada di tingkat tiga Sekolah Menangah Atas (SMA) melihat pengumuman penerimaan bintara ABRI di majalah dinding sekolahnya. Paska lulus SMA, Nunuk langsung masuk pendidikan kepolisian setelah menjalani serangkaian tes.

"Saya dulu juga aktif di Pramuka Saka Bhayangkara pada sela-sela waktu setelah lulus SMA," katanya.

Menurut Nunuk, menjadi polisi berarti menjalankan Pasal 13 Undang-Undang 2/2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia yaitu menegakkan hukum; memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat; serta memberikan memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Tiga hal tersebut, katanya harus berjalan beriringan.

"Tingkat ketakwaan paling tinggi adalah ketika manusia dapat memberikan manfaat bagi orang lain. Seperti halnya kata Pak Jokowi bahwa menjadi anggota Polri bukan sebatas profesi, tapi sebuah jalan untuk mengabdi," ucapnya.

Berada di lingkungan yang banyak dengan polisi laki-laki, Nunuk menegaskan tidak memiliki perasaan inferior. Bahkan, dia kerap mengatakan kepada juniar polwan untuk tidak meminta diprioritaskan.

"Harus sama [antara polwan dan polisi laki-laki]. Dalam melaksanakan tugas harus sama dengan laki-laki," lanjutnya.

Ibu lima anak ini juga menegaskan sebagai seorang pengayom, polisi harus memiliki integritas. Contoh hal kecil yang merupakan wujud integritas polisi adalah tepat waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement