Advertisement

Viral Wajah Ketua Geng Vascal Jogja, Ditangkap Polisi Usai Lakukan Kejahatan

Sunartono
Kamis, 01 Juni 2023 - 04:37 WIB
Sunartono
Viral Wajah Ketua Geng Vascal Jogja, Ditangkap Polisi Usai Lakukan Kejahatan Penangkapan ketua geng Vascal Jogja yang viral di media sosial. - Tiktok/Polresta Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Polsek Umbulharjo, Kota Jogja meringkus seorang pemuda bernama Reno Anggara Afriyan Syah, 20. Ia disebut sebagai Ketua Geng Vascal Jogja yang kerap melakukan aksi kejahatan jalanan.

Reno saat ditangkap bahkan masih berstatus sebagai narapidana yang bebas bersyarat karena sebelumnya terlibat aksi kejahatan jalanan dengan vonis tiga tahun penjara. Terbaru ia terlibat kasus pengeroyokan di Lapangan SMA Taman Madya Sarjanawiyata Tamansiswa Tahunan, Umbulharjo, Kota Jogja.

Advertisement

BACA JUGA : Berafiliasi dengan Geng, Lulusan Sekolah Bacok Pelajar

"Reno ini dia sudah masuk [tahanan] waktu penganiayaan di Jalan Gambiran 2021 silam. Pada waktu itu karena masih ABH [anak berhadapan dengan hukum], vonisnya tiga tahun. Ini [sekarang] posisi masih bebas bersyarat, tapi ternyata masih melakukan kejahatan," kata Kapolsek Umbulharjo Kompol Yayan Dewayanto.

Wajah ketua geng Vascal ini pun viral di media social, setelah akun Tiktok @polrestajogja mengunggah penangkapan komplotan ini pada Rabu (31/5/2023). Video tersebut masuk for your page (FYP) TikTok beberapa kali pada Rabu malam. Dalam video tampak dua pemuda diborgol petugas Polsek Umbulharjo.

Unggahan video tersebut mendapatkan banyak respons dari warganet. Hanya dalam waktu 15 jam setelah diunggah telah disuaki 228.500 akun, dikomentari sebanyak 3.743 warganet dan diteruskan sebanyak 4.648 kali.

Beberapa akun mengapresiasi polisi yang bergerak cepat melakukan penangkapan, selain itu mengomentari unggahan konten video yang lebih modern menggunakan aplikasi menarik. Namun tak sedikit pula yang bertanya seputar geng tersebut dan menyayangkan karena usianya masih muda namun sudah terjerumus ke aksi kejahatan.

“Aku wis suwe ning Jogja kok ra tau krungu geng iki blas to, iki geng opo?,” tulis akun Ndaa di kolom komentar.

Kanit Reskrim AKP Nuri Arianto menambahkan Reno merupakan salah satu dari enam pelaku yang ditangkap atas kasus pengeroyokan. Pelaku lainnya antara lain Rifky Neza Saputra alias HOHO, 18, dan empat lainnya merupakan ABH berinisial MSM alias IAN, 16, MDHS alias Dapek, 16, RT alias SIPAP, 16, dan ANN, 17.

BACA JUGA : Pemetaan Geng Sekolah untuk Cegah Klitih Sulit 

Pengeroyokan yang dilakukan dengan mengajak duel lawannya. Reno merupakan ketua Geng Vascal menyuruh ABH untuk berkelahi hingga melakukan pengeroyokan.

"Tersangka Reno ini mengaku Ketua Geng Vascal, sehingga dia membawa adik-adik ini untuk direkrut jadi anggota. Ketika di lapangan dia bertemu, langsung diajak untuk sparring-an, ospek, semacam itu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tujuh Pelaku Penggelapan Kendaraan Bermotor Jaringan Internasional Ditangkap Bareskrim Polri

News
| Kamis, 18 Juli 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Gemar Wisata Horror? 7 Tempat Angker di Asia Ini Bisa Masuk Travel List

Wisata
| Rabu, 17 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement