Advertisement

Geser Komunikasi, Seleksi Jalur Prestasi Prodi Tambang Kini Paling Ketat

Catur Dwi Janati
Jum'at, 02 Juni 2023 - 18:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Geser Komunikasi, Seleksi Jalur Prestasi Prodi Tambang Kini Paling Ketat Kampus UPN Veteran Yogyakarta. - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta memulai seleksi penerimaan mahasiswa baru. Tahun ini, program studi (prodi) tambang menjadi prodi paling ketat dalam seleksi jalur prestasi. 

Rektor UPN Veteran Jogjakarta, Mohamad Irhas Effendi menerangkan pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini, tambang menjadi program studi dengan persaingan terketat pada seleksi jalur prestasi. Torehan ini menggeser komunikasi yang beberapa tahun terakhir menjadi prodi favorit. 

Advertisement

"Komunikasi itu favorit beberapa tahun. Tapi kemarin, di [jalur] prestasi itu paling ketat tambang," terangnya dikutip pada Jumat (2/6/2023).

Bergesernya tambang sebagai prodi paling ketat di penerimaan mahasiswa baru jalur prestasi tidak lain karena ilmu kebumian dan tambang yang menjadi ikon UPNV Yogyakarta. "Jadi yang besar [pendaftarnya] itu di tambang, minyak kemudian komunikasi, manajemen. Dari sisi keketatan," jelasnya. 

Di sisi lain, prodi baru di UPNV Yogyakarta yakni sistem informasi menurut Irhas juga menjadi prodi dengan animo tinggi dalam pendaftaran mahasiswa baru kali ini. "Ketetatan, rasio antara yang diterima terhadap yang daftar. Animo juga yang tinggi manajemen, kombinasi, tambang, minyak," ungkapnya.  

Baca juga: Jokowi Resmikan Jembatan Kretek 2 Bantul, JJLS Banten ke Banyuwangi Rampung Tahun Ini

"Untuk Seleksi Nasional Berbasis Prestasi [SNBP] ini tambang yang paling ketat," tambahnya. 

Lebih jauh Irhas menjelaskan pada tahun ini penerimaan mahasiswa baru mengalami sedikit perbedaan. Perbedaan ini terletak pada tata caranya maupun pengelolaannya. 

"Kita tetap skemanya Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi nasional Berbasis Tes (SNBT) dan seleksi mandiri. Seleksi nasional berbasis prestasi kan sudah selesai ini. Kemudian sudah diumumkan dan sudah melakukan pembayaran dan registrasi," jelasnya. 

Sementara untuk SNBT di UPNV Yogyakarta juga telah berakhir 24 Mei lalu. Setelahnya akan dilakukan proses koreksi di tingkat kementerian, kemudian nanti akan digelar rapat penentuan dan rapat pleno para rektor dengan kementerian untuk menetapkan kelulusan. "Baru setelah itu baru ada seleksi mandiri di kita," ujarnya. 

Daya Tampung Ditambah

Pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini, UPNV Yogyakarta menambah daya tampungnya. Dari yang biasanya sekitar 4.000 orang menjadi sekitar 5.000 mahasiswa di penerimaan mahasiswa baru tahun ini.   

"Kemarin sekitar 4000-an sekarang menjadi 5000 lebih untuk daya tampung yang kita siapkan," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perbaikan Tol Bocimi Akibat Longsor Ditargetkan Rampung Juni

News
| Selasa, 16 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement