Advertisement

Jumlah Wisatawan ke Parangtritis saat Libur Waisak Naik Sedikit

Yosef Leon
Minggu, 04 Juni 2023 - 19:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jumlah Wisatawan ke Parangtritis saat Libur Waisak Naik Sedikit Personel SAR Satlinmas Wilayah III Parangtritis memantau wisatawan yang berlibur di Pantai Parangtritis pada Minggu (4/6/2023). - Harian Jogja/Yosef Leon Pinsker

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Puluhan ribu wisatawan dilaporkan memadati Pantai Parangtritis selama libur panjang akhir pekan sejak Jumat-Minggu (2-4/6/2023). Jumlah kunjungan ini naik sedikit dibandingkan dengan kondisi pada akhir pekan biasa. 

Koordinator TPR Induk Parangtritis Rokhmad Ridwanto mengatakan, sampai dengan Minggu pukul 13.00 Wib ada sebanyak 29.807 wisatawan yang berkunjung ke pantai itu. Jumlah itu diperkirakan masih terus bertambah sampai dengan angka 30.000 lebih kunjungan. 

Advertisement

"Sampai pukul 13.00 Wib di angka segitu, sore ini saja masih banyak mobil pelat luar kota yang berkunjung," katanya Minggu (4/6/2023). 

Rokhmad menyampaikan, sebagian besar wisatawan didominasi oleh kendaraan pribadi roda empat. Hanya beberapa yang datang dengan rombongan bus pariwisata. Arus lalu lintas menuju posko TPR pun masih dalam suasana ramai lancar. 

"Tidak sempat macet karena tidak seramai pas libur Lebaran lalu, hanya naik sedikit dibandingkan akhir pekan biasa," ujarnya. 

Baca juga: 8 Spot Kuliner Malam di Jogja

Komandan SAR Satlinmas Wilayah III Parangtritis Arief Nugraha menyampaikan, di musim libur panjang akhir pekan ini pihaknya menerjunkan petugas untuk menjaga wisatawan guna mencegah kecelakaan laut. Sampai saat ini belum ada laporan insiden yang menonjol di pantai itu. 

"Target kami nol insiden. Jangan sampai kejadian. Ini personel selalu patroli menyampaikan imbauan," jelasnya. 

Kepala Seksi Promosi dan Pelayanan Informasi, Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Adi menyebut, diperkirakan total kunjungan wisatawan selama libur panjang akhir pekan ini tidak mencapai angka 50.000 an.

Diprediksi wisatawan yang berlibur ke seluruh destinasi wisata di Bumi Projotamansari ada sebanyak 40.000-45.000 orang. "Hanya naik sedikit dibandingkan dengan akhir pekan biasa, karena kan ini belum semua yang libur. ASN juga masih bentrok dengan upacara bersama hari lahir Pancasila, kemudian anak sekolah juga belum semuanya libur," pungkas dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement