Advertisement

Warga Sleman Diimbau Mutakhirkan Data Kartu Keluarga

Catur Dwi Janati
Selasa, 06 Juni 2023 - 22:07 WIB
Maya Herawati
Warga Sleman Diimbau Mutakhirkan Data Kartu Keluarga Antrean warga untuk pelayanan Adminduk di Disdukcapil Sleman, beberapa waktu lalu. - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Masyarakat di Sleman diajak memutakhirkan data kartu keluarga (KK) melalui sejumlah langkah luring maupun daring. Tak hanya itu, seiring berkembangnya teknologi digital, masyarakat juga diajak untuk mengenal Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang menjadi representasi dokumen masyarakat.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menuturkan untuk mewujudkan akurasi data, Pemkab Sleman menggelar sosialisasi Gerakan Pemutakhiran Data Kartu Keluarga (Gapura Datuk). Program ini merupakan salah satu strategi dalam mewujudkan akurasi data kependudukan yang efektif di Bumi Sembada.

Advertisement

"Program ini menjadi strategi dalam mewujudkan akurasi data kependudukan, agar masyarakat dapat memanfaatkan untuk urusan pelayanan publik serta membantu pemerintah," katanya di Aula Lantai 3 Setda Sleman, Selasa (6/6/2023).

BACA JUGA: Puan Maharani Sebut AHY Masuk Bursa Cawapres Ganjar

Gapura Datuk dapat diakses masyarakat dengan mengajukan permohonan melalui Posyanduk Kalurahan, Kantor Kapanewon maupun langsung ke Kantor Disdukcapil Sleman. Di sisi lain, warga juga bisa mengakses secara daring melalui website dukcapilonline.slemankab.go.id.

Lewat pemutakhiran data KK ini, akses masyarakat terhadap sejumlah layanan diharapkan semakin mudah seperti layanan pertanahan, BPJS, layanan perbankan, layanan perpajakan, layanan perizinan maupun layanan lainnya.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut, Danang juga mempraktekkan langsung pembuatan Identitas Kependudukan Digital (IKD). IKD merupakan informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan.

Melalui sosialisasi pemutakhiran data KK ini Danang mengharap para perwakilan masyarakat yang hadir dapat menurlarkan infomasi ini kepada masyarakat lainnya. "Menginformasikan kepada orang lain tentang pentingnya data kependudukan yang mutakhir, satu data dan benar," katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement