Advertisement

Serunya Lomba Kreasi Masak Ikan Nusantara di Harian Jogja

Media Digital
Kamis, 08 Juni 2023 - 15:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Serunya Lomba Kreasi Masak Ikan Nusantara di Harian Jogja Suasana saat peserta mengikuti Lomba Kreasi Masak Ikan Nusantara di halaman kantor Harian Jogja, Kamis (8/6/2023). Harian Jogja - Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

JOGJA—Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-15, Harian Jogja menyelenggarakan Lomba Kreasi Masak Ikan Nusantara di halaman Kantor Harian Jogja, Kamis (8/6/2023). Kegiatan ini sekaligus untuk meningkatkan minat makan ikan yang tergolong rendah.

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Fitriyanto Nurcahyo mengatakan tingkat minat makan ikan masyarakat DIY sangat rendah yakni hanya 34,78 kilogram perkapita per tahun atau berada di tingkat terbawah di bandingkan provinsi lainnya. Sementara di tingkat nasional sudah di angka 58 kilogram perkapita per tahun.

Advertisement

"Jadi kita semua perlu menanamkan mindset kepada anak-anak tentang pentingnya makan ikan. Orang tua bisa berkreasi untuk memasak ikan agar [ikan] semakin dicintai masyarakat," katanya saat memberikan sambutan.

Iya mengapresiasi kegiatan lomba masak yang digelar Harian Jogja karena membantu program dinas dalam meningkatkan konsumsi makan ikan. Selain dengan lomba, kegiatan lain yang sudah dilakukan dinas adalah melalui Mobil ATI (Alih Teknologi dan Informasi). Mobil ATI merupakan armada yang memberikan sosialisasi dan pelatihan untuk meningkatkan konsumsi makan ikan. Di Harian Jogja, tim Mobil ATI memberikan demo cara membuat kudapan berbahan dasar ikan yaitu ikado.

"Kami juga mendapat tugas menurunkan stunting. Maka dengan adanya makan ikan, vitamin, protein, hingga lemak yang terkandung dalam ikan bisa mencegah stunting," kata dia.

Lomba Kreasi Masak Ikan Nusantara terselenggara berkat kerjasama beberapa sponsor, di antaranya Pertamina, Sania Food, Bakpia Pathok 25, Next Hotel, dan Swiss-Bel Boutique.

Area Manager Communication, Relations and CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan Pertamina berpartisipasi sebagai sponsor kegiatan tersebut sebagai bentuk kerjasama dengan Harian Jogja sekaligus untuk mempromosikan penggunaan LPG Bright Gas Can kepada peserta dan masyarakat.

"Bright Gas Can merupakan LPG 220 gram yang praktis, bisa dibawa kemana saja, lebih terjangkau harganya, cocok untuk kegiatan dengan kompor portabel, dan mudah dalam perawatan dan penggunaan," katanya.

Sementara itu Salesman Sania Piaz Riki Candra mengapresiasi kegiatan lomba masak ikan Harian Jogja karena dapat membantu mempromosikan Sania sebagai minyak sehat untuk semua kalangan. "Acara ini untuk mendekatkan brand Sania kepada masyarakat karena Sania adalah minyak goreng tanpa pengawet sehingga kandungan vitamin E lebih tinggi," jelasnya.

Dengan beredarnya minyak murah dari pemerintah, Sania masih bertahan dan menjadi minyak yang banyak disukai pelanggan terutama kalangan rumah tangga.

Sebagai perusahaan media massa, Harian Jogja juga turut bertanggung jawab dalam menyukseskan gerakan program makan ikan. Menurut Pemimpin Redaksi Harian Jogja Anton Wahyu Prihartono, gemar makan ikan harus menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. "Mari kita dukung agar Jogja perlahan-lahan tidak di bawah lagi [tingkat makan ikannya]," katanya.

Lomba Kreasi Masak Ikan Nusantara dimenangkan oleh tim dari Next Hotel dengan nama menu gulai nila nasi hijau. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement